PLN Siapkan SPLU di Tempat Penitipan Sepeda

Kompas.com - 16/10/2019, 16:44 WIB
Sepeda listrik Italjet, siap jadi mainan baru penggemar sepeda. Agung KurniawanSepeda listrik Italjet, siap jadi mainan baru penggemar sepeda.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang melakukan uji coba jalur sepeda. Untuk mendukung penggunaan sepeda, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga berencana untuk menyediakan tempat parkir sepeda di stasiun-stasiun MRT Jakarta.

"Sekarang stasiun-stasiun MRT di pintu masuk dan keluarnya akan disediakan parkir sepeda. Jadi teman-teman yang menggunakan kendaraan umum bisa menggunakan sepeda," ujar Anies di Terowongan Kendal, Sudirman, Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Jalur Khusus Sepeda Dorong Turunkan Polusi Udara di Jakarta

Selain di stasiun MRT, Pemprov DKI Jakarta juga rencananya akan memberikan fasilitas parkiran sepeda di halte-halte bus Transjakarta. Harapannya, agar warga bisa menaruh sepeda dan berpindah ke tranportasi umum.

Pengunjung menguji Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) saat diluncurkan di Kantor PLN Disjaya, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (14/12/2017). PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) menargetkan 1000 SPLU (Stasiun penyedia listrik umum) untuk mempemudah kebutuhan listrik masyarakat di tempat umum.KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Pengunjung menguji Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) saat diluncurkan di Kantor PLN Disjaya, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (14/12/2017). PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) menargetkan 1000 SPLU (Stasiun penyedia listrik umum) untuk mempemudah kebutuhan listrik masyarakat di tempat umum.

"Nanti juga kami taruh di halte-halte sehingga kita bisa menggunakan sepeda untuk first mile dan last mile dalam menggunakan kendaraan umum. Karena kendala kita itu dari rumah sampai halte, dan dari halte sampai tempat kerja. Dan kalau itu kita gunakan sepeda, itu akan jauh lebih efisien," kata Anies.

Belakangan ini, pengguna sepeda listrik juga semakin meningkat. Tak sedikit yang menggunakan sepeda listrik sebagai sarana transportasi, apalagi jika hanya untuk jarak pendek, seperti dari rumah ke stasiun atau halte.

Baca juga: Ini Rute Jalur Sepeda, Kendaraan yang Melintas Denda Rp 500.000

General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Ikhsan Asaad, mengatakan, untuk sepeda listrik cukup pakai SPLU (Stasiun Penyedia Listrik Umum) yang jumlahnya sudah sekitar 1.900 dan tersebar di Jakarta.

Terkait penempatan SPLU di tempat-tempat penitipan atau parkir sepeda, PLN mengatakan sudah memiliki program untuk langkah tersebut.

"Sudah ada programnya, kami koordinasikan dengan Pemprov DKI dan operator sepeda listrik. Grab Wheel saja sudah siap untuk tempatkan Grab Wheel-nya di kantor PLN Gambir," ujar Ikhsan.

Sebagai informasi, Pemprov DKI Jakarta sedang menguji jalur sepeda fase 2 dengan panjang 23 kilometer. Uji coba ini meliputi Jalan RS Fatmawati Raya, Jalan Panglima Polim, Jalan Sisingamangaraja, hingga Jalan Jenderal Sudirman.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X