Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Siapkan SPLU di Tempat Penitipan Sepeda

Kompas.com - 16/10/2019, 16:44 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang melakukan uji coba jalur sepeda. Untuk mendukung penggunaan sepeda, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga berencana untuk menyediakan tempat parkir sepeda di stasiun-stasiun MRT Jakarta.

"Sekarang stasiun-stasiun MRT di pintu masuk dan keluarnya akan disediakan parkir sepeda. Jadi teman-teman yang menggunakan kendaraan umum bisa menggunakan sepeda," ujar Anies di Terowongan Kendal, Sudirman, Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Jalur Khusus Sepeda Dorong Turunkan Polusi Udara di Jakarta

Selain di stasiun MRT, Pemprov DKI Jakarta juga rencananya akan memberikan fasilitas parkiran sepeda di halte-halte bus Transjakarta. Harapannya, agar warga bisa menaruh sepeda dan berpindah ke tranportasi umum.

Pengunjung menguji Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) saat diluncurkan di Kantor PLN Disjaya, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (14/12/2017). PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) menargetkan 1000 SPLU (Stasiun penyedia listrik umum) untuk mempemudah kebutuhan listrik masyarakat di tempat umum.KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Pengunjung menguji Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) saat diluncurkan di Kantor PLN Disjaya, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (14/12/2017). PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) menargetkan 1000 SPLU (Stasiun penyedia listrik umum) untuk mempemudah kebutuhan listrik masyarakat di tempat umum.

"Nanti juga kami taruh di halte-halte sehingga kita bisa menggunakan sepeda untuk first mile dan last mile dalam menggunakan kendaraan umum. Karena kendala kita itu dari rumah sampai halte, dan dari halte sampai tempat kerja. Dan kalau itu kita gunakan sepeda, itu akan jauh lebih efisien," kata Anies.

Belakangan ini, pengguna sepeda listrik juga semakin meningkat. Tak sedikit yang menggunakan sepeda listrik sebagai sarana transportasi, apalagi jika hanya untuk jarak pendek, seperti dari rumah ke stasiun atau halte.

Baca juga: Ini Rute Jalur Sepeda, Kendaraan yang Melintas Denda Rp 500.000

General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Ikhsan Asaad, mengatakan, untuk sepeda listrik cukup pakai SPLU (Stasiun Penyedia Listrik Umum) yang jumlahnya sudah sekitar 1.900 dan tersebar di Jakarta.

Terkait penempatan SPLU di tempat-tempat penitipan atau parkir sepeda, PLN mengatakan sudah memiliki program untuk langkah tersebut.

"Sudah ada programnya, kami koordinasikan dengan Pemprov DKI dan operator sepeda listrik. Grab Wheel saja sudah siap untuk tempatkan Grab Wheel-nya di kantor PLN Gambir," ujar Ikhsan.

Sebagai informasi, Pemprov DKI Jakarta sedang menguji jalur sepeda fase 2 dengan panjang 23 kilometer. Uji coba ini meliputi Jalan RS Fatmawati Raya, Jalan Panglima Polim, Jalan Sisingamangaraja, hingga Jalan Jenderal Sudirman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com