Ini Rute Jalur Sepeda, Kendaraan yang Melintas Denda Rp 500.000

Kompas.com - 16/10/2019, 12:31 WIB
Jalur sepeda di sepanjang jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, Kamis (10/10/2019) KOMPAS.COM/WALDA MARISONJalur sepeda di sepanjang jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, Kamis (10/10/2019)
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang gencar membangun jalur sepeda di beberapa ruas Jakarta. Diharapkan, pada November 2019, jalur khusus yang memiliki total 63 km tersebut bisa selesai dan diresmikan.

Bila sudah disahkan, nantinya jalur sepeda tidak bisa digunakan atau dilewati oleh kendaraan bermotor lain.

Bila sampai melanggar, maka para pengendara akan mendapatkan sanksi tilang dari pihak kepolisian, yaitu denda maksimal Rp 500.000 atau kurungan pidana dua bulan.

Lalu di mana saja letak jalur sepeda di Jakarta ? Menjawab hal ini Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, menjelaskan bila pembangunan jalur khusus sepeda meliputi tiga fase.

Baca juga: Jalur Sepeda dari Kacamata Penggiat Keselamatan Berkendara

Jalur sepeda di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019).KOMPAS.com/CYNTHIA LOVA Jalur sepeda di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019).

"Ada tiga fase, saat ini sudah dua fase yang selesai. Lokasinya itu berada di tiap wilayah Jakarta. Kita lengkapi marka dan rambu khusus sepeda agar tidak ada kendaraan lain yang masuk dan memakai jalur sepeda," ujar Syafrin, Selasa (15/10/2019).

Untuk fase pertama, jalur sepeda yang dibangun meliputi beberapa kasawan, yakni :

- Jalan Medan Merdeka Selatan
- Jalan M.H Thamrin
- Jalan Imam Bonjol
- Jalan Pangeran Diponogoro
- Jalan Proklamasi
- Jalan Pramuka
- Jalan Pemuda

Fase 2 :

- Jalan Jenderal Sudirman
- Jalan Sisingamangaraja
- Jalan Panglima Polim
- Jalan RS Fatmawati Raya

Fase 3 :

- Jalan Tomang Raya
- Jalan Cideng Timur
- Jalan Matraman Raya
- Jalan Kebon Sirih
- Jalan Jatinegara Barat
- Jalan Jatinegara Timur

Direncankana jalur sepeda tersebut akan diresmikan pada 20 November 2019. Usai diresmikan, aturan sanksi tilang sebagai tindakan hukum pun akan berlaku dengan denda maksimal sebesar Rp 500.000.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X