Sering Terabas Genangan Air Jangan Lupa Cek Bagian Ini

Kompas.com - 11/10/2019, 15:01 WIB
Terabas banjir Foto: WinNetNewsTerabas banjir
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan sudah dekat. Sebagai pengendara sepeda motor kadang suka menerabas banjir. Buat yang paham batas aman, motor bisa selamat melewati banjir tanpa mogok.

Kendati demikian, buat yang kerap menerabas genangan air ada baiknya segera periksa kondisi mesin. Sebab dikhawatirkan tetap ada air yang masuk ke mesin dan jangan sampai bercampur dengan oli.

Baca juga: Bikers, Mohon Jangan Berteduh di Kolong Fly Over atau Underpass

"Jika sudah terlanjur menerjang banjir selalu periksa kondisi motor, dikarenakan air masuk ke bagian mesin dan bercampur dengan oli," kata Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Karawang, kepada Kompas.com, Jumat (11/10/2019).

Oli campur air Foto: Pelicanparts Oli campur air

Ciri-ciri oli yang tercampur air yakni warnanya berubah jadi seperti kopi susu. Atau jika motor dikendarai terjadi knocking. Jika sudah begini sebaiknya ganti oli dengan melakukan flushing atau pembilasan total.

Baca juga: Begini Seharusnya yang Perlu Dilakukan Pengendara Motor saat Hujan

"Jika kurang paham dalam melakukan pengecekan tersebut, dan untuk mengecek hal itu dengan cara melakukan pengecekan di bengkel resmi," kata Suherman.

Oli yang tercampur air akan membuat mesin tidak sehat. Jika dibiarkan dalam waktu lama, komponen di dalam mesin akan rusak dan membuat mesin ''rontok'', akhirnya biaya yang dikeluarkan jadi makin besar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X