Begini Seharusnya yang Perlu Dilakukan Pengendara Motor saat Hujan

Kompas.com - 11/10/2019, 09:22 WIB
Ilustrasi berkendara saat hujan kadintiyatrosu.orgIlustrasi berkendara saat hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepuluh menit pertama saat hujan turun merupakan waktu yang paling krusial. Sebab, tanah dan pasir belum tersapu ke pinggir jalan, sehingga membuat jalanan menjadi licin, dan berbahaya bagi pengguna sepeda motor.

Apabila tetap berkendara dalam kondisi itu, tentunya Anda perlu teknik khusus agar tetap selamat sampai di tempat tujuan.

Menurut Hendrik Ferianto, Instruktur Keselamatan Berkendara PT Astra Honda Motor (AHM), sebaiknya para pengendara motor segera cari tempat berteduh yang aman, seperti halte atau rumah.

Baca juga: Tips Memilih Ban Motor untuk Musim Hujan, Perlukah Ban Basah?

"Jangan berteduh di bawah pohon, karena berbahaya. Hindari juga berteduh di bawah flyover atau terowongan, karena akan membuat jalanan menjadi macet," ujar pria yang akrab disapa Erik tersebut, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ilustrasi Berkendara Sepeda Motor di Musim HujanShutterstock Ilustrasi Berkendara Sepeda Motor di Musim Hujan

Erik menambahkan, segera gunakan jas hujan bila ingin melanjutkan perjalanan. Jangan menggunakan jas hujan hanya saat hujan mulai lebat. Sebab, dapat berpotensi membuat konsentrasi terpecah dan pengendara melakukan pergerakan tiba-tiba yang berpotensi bahaya.

Baca juga: Musim Hujan, Banyak Bikers Lebih Sayang Sepatu daripada Kaki

"Berkendaralah dengan kecepatan rendah dan kurangi penggunaan rem depan sebagai rem utama saat kondisi rintik dan hujan," kata Erik.

Erik juga menyarankan, berhenti dan berteduh adalah pilihan terbaik dibanding berkendara dalam kondisi hujan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X