Aplikasi Online Mekanik Jadi Jembatan Karir Siswa SMK di Jatim

Kompas.com - 09/10/2019, 09:22 WIB
Oltek, jadi cara baru siswa SMK di Jatim berwirausaha Oltek, jadi cara baru siswa SMK di Jatim berwirausaha
Penulis Stanly Ravel
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Memberdayakan kemampuan para siswa Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) yang bergerak di bidang otomotif, PT Baladewa Oto Plasa selaku perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan software meluncurkan aplikasi online teknisi ( Oltek).

Menurut Direktur PT Baladewa Oto Plasa Adi Rahman, Oltek dibangun untuk mengoptimalkan Teaching Factory (Tefa) yang menjadi program unggulan di SMK sebagai laboraturium terapan dalam mempersiapkan siswa di dunia industri.

"Berangkatnya kita untuk mengoptimalkan program Tefa yang ada di SMK, jadi bagaimana kita bisa memaksimalkan agar siswa jurusan TBSM (Teknik dan Bisnis Sepeda Motor) dalam praktiknya dan dunia kewirausahannya," ucap Adi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (8/10/2019).

Baca juga: Ribuan Siswa SMK Ikut Seleksi Honda Skill Contest 2019

Menurut Adi, Oltek sendiri konsepnya seperti start-up berbasis aplikasi yang ke depannya nanti bisa digunakan masyarakat umum untuk melakukan perawatan motor hanya dengan memangil jasa mekanik secara online. Mekanik yang akan datang adalah para siswa SMK.

Oltek, jadi cara baru siswa SMK di Jatim berwirausaha Oltek, jadi cara baru siswa SMK di Jatim berwirausaha

Untuk tahap awal, ada 11 SMK yang yang tergabung dalam Oltek, yakni SMK PGRI 2 Ponorogo, SMK PGRI 1 Nganjuk, SMK TKP Magetan, SMKPGRI 1 Ngawi, SMK Dwijaya Jombang, SMK Teknologi Balung Jember, SMK Islam Blitar, SMK Krian 2 Sidoarjo, SMK Muhammadiyah 3 Dolopo, SMK PGRI Pesanggaran Banyuwangi, dan SMK PGRI 1 Gresik.

Adi menjelaskan, secara kamampuan teknis, sebenarnya para siswa SMK sudah memiliki ilmu yang cukup, hanya tinggal mengasah jam terbang serta mempertajam dunia usahanya. Oltek sendiri nanti akan dikembangkan di beberapa SMK yang ada di pulau Jawa.

"Karena itu untuk saat ini Oltek masih dalam tahap lingkungan sekolah atau dunia pendidikan dulu. Jadi siswa ini nanti akan menangani servis dari pihak sekolah, seperti guru, atau motor-motor siswa lainnya. Bila sudah cukup matang baru nanti akan kita lepas dan aplikasinya kita buka juga untuk masyarakat umum," ujar Adi.

Baca juga: TMMIN Sebut Insentif Vokasi Gairahkan Industri Lokal

Aplikasi Oltek sendiri bisa diunduh dari Play Store menggunakan ponsel berbasis android. Nantinya konsumen bisa melakukan booking lalu mengisi data seperti nomor polisi, jenis motor, waktu servis, serta keluhan lainnya.

Oltek, jadi cara baru siswa SMK di Jatim berwirausaha Oltek, jadi cara baru siswa SMK di Jatim berwirausaha

Untuk memperingati hari jadi ke-74 Provinsi Jawa Timur ( Jatim), saat ini pun ada acara servis gratis yang digagas oleh Oltek SMK dan Dinas Pendidikan Jatim. Para peserta tinggal melalkukan pendaftaran secara online dan selanjutnya ditempatkan di atas engine diagnostic tool untuk mendeteksi penyimpangan yang dialami dari kondisi normal.

Motor pun kemudian dibawa para teknisi Oltek SMK ke pit untuk servis sesuai dengan penyimpangan yang terjadi. Seperti ketika injektor kurang lancar. Injector Cleaner alat yang akan membersihkan injektor dengan cairan pembersih dan disemprotkan dengan tekanan tertentu digunakan.

"Kegiatan ini memberi wadah para siswa SMK TSM untuk menunjukkan kompetensinya ke masyarakat. Bersama dengan Oltek para siswa SMK mampu bekerja sesuai kompetensi dan profesional,” ucap Adi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X