Honda Tiger Modifikasi Bikinan Napi Nusakambangan

Kompas.com - 06/10/2019, 17:14 WIB
Vermis 1908, motor custom garapan para narapidana Nusakambangan Kompas.com/DonnyVermis 1908, motor custom garapan para narapidana Nusakambangan

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dari ratusan motor custom yang tampil di Kustomfest 2019, ada satu motor yang cukup menarik perhatian. Motor ini dibangun oleh para narapidana Nusakambangan.

Dengan basis Honda Tiger, motor ini dibangun dengan gaya jap's style dan diberi julukan Vermis 1908. Nama tersebut merupakan nama lain dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Permisan Nusakambangan.

Baca juga: Pertama Kali di Kustomfest 2019, Ajang Balap Flat Track

Vermis berasal dari bahasa Belanda yang berarti hilang. Sedangkan 1908, merupakan tahun berdirinya LP Permisan.

Vermis 1908, motor custom garapan para narapidana NusakambanganKompas.com/Donny Vermis 1908, motor custom garapan para narapidana Nusakambangan

LP Permisan sendiri merupakan penjara dengan tingkat risiko keamanannya yang masuk kategori Medium Security. Di sini, semua warga binaannya harus memiliki aktivitas dan berkarya.

Baca juga: Puluhan Mobil Klasik Ikut Ramaikan Kustomfest 2019

Dibangun di dalam LP Permisan, motor ini diberi slogan "Berkarya Tanpa Batas Walau Dalam Keterbatasan". Vermis 1908 dicat hitam dengan tema Kegelapan.

Vermis 1908, motor custom garapan para narapidana NusakambanganKompas.com/Donny Vermis 1908, motor custom garapan para narapidana Nusakambangan

Dengan maksud, walau diselimuti masa lalu yang gelap, tapi para narapidana ini masik memiliki pancaran semangat untuk berubah dan bersinar lebih terang.

Uniknya, pembuatan motor custom ini melibatkan kepala lapas hingga para napi yang terpidana, mulai dari pidana 7 tahun, seumur hidup, dan pidana mati sekalipun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X