Rio dan David Selesaikan Balap Blancpain GT Peringkat Lima Besar

Kompas.com - 01/10/2019, 11:02 WIB
Blancpain GT World Challenge Asia 2019 Blancpain GT World Challenge Asia 2019
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang balap Blancpain GT World Challenge Asia 2019 yang diadakan Stephane Ratel Organisation (SRO) resmi berakhir. Duet pebalap Indonesia, Rio Haryanto dan David Tjipto, yang turun membela T2 Motorsport berhasil finish di posisi lima besar.

Shanghai International Circuit menjadi saksi sepak terjang Rio dan David bertarung dengan para rival-rivalnya. Berdurasi 60 menit, Rio yang bertugas sebagai driver pertama menempati posisi ke 11 di grid.

Rio pun sempat menceritakan sengitnya pertarungan dalam melawan 28 mobil lainnya yang meramaikan ajang tersebut.

Baca juga: Rio Haryanto Juga Didorong dapat Wild Card di Formula E

"Traffic mobil kali ini lebih padat dibanding race sebelumnya yang hanya berjumlah 23 mobil. Balapan jadi semakin ketat dan saya sempat susul-menyusul pebalap lainnya," kata Rio dalam keterangan resminya, Senin (30/9/2019).

Pebalap Rio Haryanto (kiri) berbincang dengan Team Principal T2 Motorsports, Irmawan Poedjoadi, usai race pertama seri ketiga Blancpain GT World Challenge Asia 2019 di Sirkuit Suzuka, Jepang, Sabtu (22/6/2019).KOMPAS.COM/NUGYASA LAKSAMANA Pebalap Rio Haryanto (kiri) berbincang dengan Team Principal T2 Motorsports, Irmawan Poedjoadi, usai race pertama seri ketiga Blancpain GT World Challenge Asia 2019 di Sirkuit Suzuka, Jepang, Sabtu (22/6/2019).

Sebelumnya, pebalap asal Solo, Jawa Tengah, tersebut sempat turun dua posisi sebelum digantikan oleh David. Memulai balap posisi sembilan di kelasnya, David kemudian mulai menyusul para kompetitor secara bertahap.

Pada lap ke-18, David mampu mengembalikan tim T2 Motorsports ke posisi semula dan membawa posisi T2 kian menanjak pada lap ke-20.

Berakhir dengan posisi lima besar, David Tjipto mengaku ajang balap Blancpain ini menjadi modal yang sangat menguntungkan bagi dirinya untuk mengikuti ajang Asian LeMans Series yang dimulai 22 November 2019.

Baca juga: Prestasi Rio Haryanto dan David Tjipto di Korea Selatan

Rio Haryanto di Jepang Rio Haryanto di Jepang

"Meskipun kami tidak mendapatkan poin yang cukup untuk meraih posisi tiga besar secara keseluruhan di ajang ini, tapi kami tetap senang karena kami belajar dan berkembang," ujap David.

"Rio mendapat pengalaman baru di ajang balap GT dan saya juga mendapat banyak masukan dari Rio yang sangat berguna untuk improvement saya nantinya. Semoga ke depannya modal ilmu ini dapat mengantar kami memenangkan ajang Asian LeMans nanti," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X