Kebal Aturan Ganjil Genap, Mobil Listrik Tidak Diberi Tanda Khusus

Kompas.com - 30/09/2019, 15:53 WIB
Kendaraan listrik yang mengikuti Jambore Kendaraan Listrik Nasional 2019 melintas di jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (3/9/2019). Jambore yang diikuti oleh kendaraan listrik produksi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, ini menempuh jarak 900 kilometer dari Surabaya menuju Jakarta. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGKendaraan listrik yang mengikuti Jambore Kendaraan Listrik Nasional 2019 melintas di jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (3/9/2019). Jambore yang diikuti oleh kendaraan listrik produksi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, ini menempuh jarak 900 kilometer dari Surabaya menuju Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu kategori kendaraan yang tidak terpengaruh dengan pembatasan plat nomor ganjil genap di Jakarta, yaitu kendaraan listrik. Mobil ramah lingkungan ini bisa bebas melaju di koridor manapun berlaku sistem ganjil genap.

Perbedaan mobil listrik dengan mobil yang menggunakan bahan bakar hanya di bagian mesinnya saja. Dari eksterior, keduanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Baca juga: Agar Bebas dari Aturan Ganjil Genap, Beli Tesla Model 3 atau BMW i3s?

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir, mengatakan mobil listrik bebas beroperasi di jalan raya. Pihak kepolisian RI juga tidak akan memberikan penanda khusus.

Deddy Corbuzier beli mobil listrik Tesla Model 3 Deddy Corbuzier beli mobil listrik Tesla Model 3

"Tidak ada bedanya, sama saja dengan mobil lainnya. Nanti kan bisa dilihat dari STNK-nya, jenis mesinnya apa," ujar Nasir, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Nasir menambahkan, mobil listrik juga tidak akan diberikan sticker khusus seperti diberikan pada mobil yang mengangkut penyandang disabilitas.

Baca juga: Selain Bebas Ganjil Genap, Ini Keuntungan Punya Tesla Model 3 Milik Deddy Corbuzier

"Jika tertangkap kamera E-TLE, dari data kami kan juga terlihat jenis mesin mobil tersebut apa. Apakah mesinnya menggunakan bensin, solar, atau listrik," kata Nasir.

Dilihat sepintas, mobil listrik memang tidak ada bedanya dengan mobil konvensional. Pembedanya ada pada suara yang dihasilkan. Selain itu, mobil listrik juga tidak memiliki pipa pembuangan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X