Agar Bebas dari Aturan Ganjil Genap, Beli Tesla Model 3 atau BMW i3s?

Kompas.com - 30/09/2019, 08:02 WIB
Mobil listrik BMW i3s di GIIAS 2019 Mobil listrik BMW i3s di GIIAS 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan listrik mendapatkan hak istimewa dari Pemprov DKI Jakarta, terkait pembatasan mobil dengan sistem plat nomor ganjil genap.

Masyarakat yang menggunakan mobil ramah lingkungan itu bisa bebas berjalan pada jam pemberlakuan ganjil genap, yaitu setiap hari Senin-Jumat pukul 06.00-10.00 WIB, dan 16.00-21.00 WIB.

Khusus untuk pasar otomotif Indonesia, ada dua mobil listrik yang resmi dijual, yaitu BMW i3s dan merek Tesla. Model i3s dipasarkan oleh BMW Group Indonesia, sedangkan Tesla melalui importir umum (IU) Prestige Motorcars.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Listrik Deddy Corbuzier yang Kebal Aturan Ganjil Genap

Selain ramah lingkungan, keuntungan membeli mobil listrik ini, yaitu bisa bebas dari aturan pembatasan kendaraan dengan sistem plat nomor ganjil genap.

28 Gerbang Tol yang Terdampak Ganjil Genap JakartaKOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo 28 Gerbang Tol yang Terdampak Ganjil Genap Jakarta

Sebab, Pemprov DKI Jakarta memberikan hak istimewa itu kepada masyarakat pengguna mobil listrik.

Baca juga: Bebas Ganjil Genap, Sederet Artis dan Pejabat Antre Beli Tesla Model 3

Tesla Model 3 mulai dipasarkan di Indonesia sejak akhir Agustus 2019forbes.com Tesla Model 3 mulai dipasarkan di Indonesia sejak akhir Agustus 2019

Alasanya, mobil listrik tidak menyumbangkan polusi udara sehingga ramah lingkungan. Aturan ganjil genap itu sendiri dibuat karena selain untuk mengurangi kemacetan, juga meminimalisir polusi udara di Ibu Kota.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Listrik BMW i3s

Apabila tertarik, sebagai acuan Kompas.com memberikan informasi mengenai harga jual dari dua mobil listrik itu. BMW i3s yang diimpor langsung dari Jerman ini dibanderol Rp 1,299 miliar dengan status belum termasuk pajak alias off the road.

Mobil listrik BMW i3s dipamerkan saat acara Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 di Indonesia Convention Exebition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (18/7/2019). BMW i3s hadir dengan motor listrik bertenaga 184 tk dengan torsi 270 Nm. Mobil baru ini dapat melesat dari diam hingga 100 kilometer per jam dalam waktu 6,9 detik.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Mobil listrik BMW i3s dipamerkan saat acara Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 di Indonesia Convention Exebition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (18/7/2019). BMW i3s hadir dengan motor listrik bertenaga 184 tk dengan torsi 270 Nm. Mobil baru ini dapat melesat dari diam hingga 100 kilometer per jam dalam waktu 6,9 detik.

BMW memberikan garansi BMW Service Inclusive yang meliputi pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 kilometer.

Baca juga: Pakai Tesla, Deddy Corbuzier Punya Hak Setara dengan Pejabat Negara soal Ganjil Genap

Deddy Corbuzier beli mobil listrik Tesla Model 3 Deddy Corbuzier beli mobil listrik Tesla Model 3

Mobil listrik mungil ini hadir dengan motor listrik bertenaga 184 tk dengan torsi 270 Nm. Mobil baru ini dapat melesat dari diam hingga 100 kilometer per jam dalam waktu 6,9 detik.

Baca juga: Tanggapan Nissan soal Mobil Listrik Bebas Ganjil Genap

Sementara Tesla Model 3, harganya dimulai dari ai atas Rp 1 miliar off the road. Banderol itu tidak mengikat karena tergantung keinginan dari konsumennya, artinya bisa lebih dari Rp 1 miliar apabila banyak kustomnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X