Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Bebas Ganjil Genap, Ini Keuntungan Punya Tesla Model 3 Milik Deddy Corbuzier

Kompas.com - 29/09/2019, 13:33 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comDeddy Corbuzier jadi konsumen Indonesia pertama yang memiliki Tesla Model 3 berwarna Midnight Silver. Hal ini diungkap Deddy dalam unggahannya di akun Instagram.

Model 3 merupakan mobil entry level dari pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla. Di China dan Eropa misalnya, mobil ini baru dipasarkan sekitar Februari 2019. Sementara untuk yang setir kanan, Inggris jadi negara pertama yang menjualnya sejak Juni 2019.

“Di sini Tesla Model 3 baru tiba tiga minggu yang lalu, padahal di luar negeri delivery Desember 2019,” kata Presiden Direktur Prestige Image Motorcars Rudy Salim kepada Kompas.com (29/9/2019).

Baca juga: Tidak Semua Negara Kebagian Tesla Model 3 Milik Deddy Corbuzier

Tesla Model 3 Tesla Model 3

Menurut Rudy, sudah ada beberapa unit Tesla Model 3 yang siap dipasarkan kepada konsumen Indonesia. Peminatnya pun sudah ada, dari berbagai kalangan, mulai dari pejabat hingga artis atau publik figur.

“Konsumen belum terlalu banyak, karena kami harus edukasi konsumen bagaimana cara pakainya, bagaimana cara mengecasnya, jadi enggak secepat itu,” ujar Rudy.

Rudy juga mengatakan, sebagai mobil listrik, Tesla Model 3 punya beberapa kelebihan yang tak dimiliki kendaraan bermesin konvensional.

Baca juga: Cerita Tesla Model 3 yang Dibeli Deddy Corbuzier

Deddy Corbuzier beli mobil listrik Tesla Model 3 Deddy Corbuzier beli mobil listrik Tesla Model 3

“Kelebihannya enggak kena ganjil genap, terus (rencananya) kalau isi baterai dari jam 10 malam sampai jam 6 pagi diskon listrik 30 persen dari PLN, karena mau ada kerja sama,” katanya.

“Lalu ke depannya mungkin akan dibebaskan tarif tol, jadi masuk tol gratis. Lalu mungkin parkir di mall juga bisa gratis,” ucap Rudy.

Hal yang dimaksud Rudy merujuk pada rencana insentif yang akan diberikan kepada mobil listrik. Meski belum diputuskan, hal utama yang menjadi bahasan adalah insentif soal pajak.

Saat ini pembeli mobil listrik atau pun hybrid, masih terkendala tingginya angka pajak. Presiden RI Joko Widodo sudah menandatangani draf keputusan soal aturan mobil listrik.

Kedepannya, harga mobil listrik bisa dipangkas dengan menikmati potongan pajak baik bea balik nama, pajak tahunan kendaraan serta pajak lainnya yang membebani kepemilikan mobil listrik.

Selain Tesla, beberapa agen pemegang merek otomotif di Indonesia sudah menawarkan model kendaraan listriknya. Ada Nissan, Mitsubishi, Toyota, BMW, Wuling serta DFSK. Ada juga sepeda motor listrik seperti Gesits, Honda, Kymco, serta Yamaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com