Sudah Terapkan BBN 12,5 Persen, Ini Daftar Harga Mobil Suzuki

Kompas.com - 25/09/2019, 07:22 WIB
Peluncuran Suzuki Ertiga Sport KOMPAS.com / Aditya MaulanaPeluncuran Suzuki Ertiga Sport
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbeda dengan beberapa pabrikan yang belum melakukan penyesuaian dengan tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ( BBN-KB) 12,5 persen, yang meningkat dari sebelumnya 10 persen.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) rupanya sudah lebih dulu mengimplementasikan aturan tersebut, dengan menaikkan harga jual kendaraan untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Hal ini diungkapkan Direktur Pemasaran PT SIS Donny Ismi Saputra. Menurut dia, kebijakan itu sesuai dengan kesepakatan ABPD (Asosiasi Badan Pendapatan Daerah) se-Jawa dan Bali yang telah disahkan pada Agustus 2019.

Baca juga: Pajak Naik, Ini Bocoran Harga Baru Toyota di Jakarta

Suzuki IgnisKOMPAS.com / Gilang Suzuki Ignis

“Soal pajak BBN yang naik kami sudah terapkan, contohnya di Jimny belum lama ini naik sekitar Rp 20 jutaan,” katanya saat ditanya Kompas.com Minggu (22/9/2019).

Meski demikian, dia juga mengatakan jika instrumen pajak bukan satu-satunya yang mempengaruhi kenaikan harga jual kendaraan.

“Faktor yang meningkatkan harga menurut kami ada tiga, yaitu regulasi yang termasuk pajak di dalamnya, kemudian biaya produksi dan kompetisi,” ujar Donny.

Baca juga: Reaksi Suzuki Terkait Rencana Kenaikan Pajak Kendaraan di Jakarta

Suzuki JimnyKOMPAS.com/Ruly Suzuki Jimny

Selain itu, menurut dia pengumuman kenaikan harga tak harus berbarengan dengan perubahan regulasi. Sebab dari ketiga faktor yang disebutkan saling terkait dengan penentuan harga jual.

Berikut ini daftar harga Suzuki per September 2019 OTR DKI Jakarta:

Suzuki Jimny: Rp 335,5 juta – Rp 350 juta

Suzuki APV: Rp 192 juta – Rp 205 juta

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X