Smart SIM Sudah Tersedia di Seluruh Wilayah Jakarta

Kompas.com - 24/09/2019, 06:42 WIB
Anggota Polwan Polres Banjar sedang melayani warga yang hendak membuat SIM, Rabu (19/6/2019). KOMPAS.com/CANDRA NUGRAHAAnggota Polwan Polres Banjar sedang melayani warga yang hendak membuat SIM, Rabu (19/6/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah mengeluarkan desain terbaru dari Surat Izin Mengemudi ( SIM). Tak hanya baru dari segi tampilan, Smart SIM juga punya beberapa keunggulan dibandingkan dengan SIM model lama.

Rencananya, penerapan Smart SIM atau SIM Pintar ini akan dimulai dari Provinsi DKI Jakarta dan menyebar daerah-daerah lain di seluruh wilayah Indoensia.

Kepala Seksi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan Smart SIM bagi pemohon SIM baru atau yang ingin memperpanjang masa berlaku.

Baca juga: Warga Depok Belum Bisa Dapat Smart SIM

Peluncuran SMART SIMdok BRI Peluncuran SMART SIM

“Untuk di wilayah DKI Jakarta sudah menggunakan Smart SIM seluruhnya. Baik itu Satpas Daan Mogot, ataupun lokasi SIM keliling di seluruh Jakarta,” katanya saat dihubungi Kompas.com Senin (23/9/2019) malam.

Meski begitu, dia menyebutkan masih ada sejumlah daerah yang mengeluarkan SIM model lama. Terutama untuk daerah di luar wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri, saat mengeluarkan Smart SIM tersebut, ketika ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019).KOMPAS.com/Devina Halim Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri, saat mengeluarkan Smart SIM tersebut, ketika ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019).

“Kecuali di lokasi Polres-polres di luar Jakarta, itu memang masih ada yang pakai SIM lama. Karena mengingat masih tersedianya bahan SIM lama, jadi dihabiskan dulu,” ujar Fahri.

Baca juga: Fungsi Uang Elektronik pada Smart SIM, Bisa untuk Bayar Tilang

Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran. Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran.

Selain itu, menurut dia, pihaknya telah menerbitkan Smart SIM atas dasar instruksi Wakapolri dan Kakorlantas pada peluncuran Smart SIM, pada Minggu (22/9/2019).

“Kalau untuk Jakarta memang per hari ini sudah pakai Smart SIM semua, karena memang sejak Minggu kemarin sudah diluncurkan oleh jajaran Polri,” ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X