Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Lika-liku Jakarta Jadi Tuan Rumah Formula E 2020

Kompas.com - 20/09/2019, 09:38 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, negosiasi Jakarta untuk jadi tuan rumah Formula E berlangsung beberapa bulan. Tapi sebelum sah, dia tidak ingin beritanya digembar-gemborkan.

"Memang pembicaraan kemarin yang kita lakukan kita tidak ingin ramai-ramai tapi belum tentu ada hasilnya, jadi kita proses memenuhi semua persyaratan, mengikuti prosedur mereka," kata Anies dalam pertemuan Kamis, (19/9/2019).

Baca juga: Plus Minus Balapan Formula E di Jakarta Menurut Moreno Soeprapto

Anies mengatakan, saat negosiasi, tim bentukan Formula E sudah datang ke Jakarta melakukan studi awal di Jakarta. Tim kemudian membuat visibility studies serta kajian trek yang akan diselenggarakan.

"Kemudian sampai proses pembicaraan di New York, AS. Pada waktu di New York saya juga bertemu beberapa pimpinan tinggi Formula E. Pada saat itu kita menyepakati untuk Insya Allah menyelenggarakan di Jakarta, tapi ini belum selesai, prosesnya masih cukup panjang," kata Anies.

Anies Baswedan Foto: KOMPAS.com/Aris F Harvenda Anies Baswedan

Anies mengatakan, keputusan final Jakarta sebagai tuan rumah Formula E 2020 baru diketuk pada Agustus 2019. Namun dia tidak bisa bicara karena menunggu pengumuman resmi dari pihak Formula E.

"Akhirnya Alhamdulilah semua sudah final, bulan lalu, dan tim Formula E sekarang datang Insya Allah akan diumumkan," katanya.

Baca juga: Sirkuit Jalanan Formula E Akan Tonjolkan Ikon Jakarta

Anies mengatakan, pihak Formula E memintanya tidak memberikan pernyataan terkait penyelenggaraan kejuaraan. Sebab dikhawatirkan dapat membuat kota-kota lain yang sebelumnya sudah masuk jadwal jadi cemas.

"Agak unik, pertama kali dalam sejarah mereka bahwa sebuah kota diselipkan masuk dalam daftar, karena itu menggeser banyak. Itu sebabnya kami dari dulu selalu diwanti-wanti tidak boleh mengumumkan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com