Cerita Lika-liku Jakarta Jadi Tuan Rumah Formula E 2020

Kompas.com - 20/09/2019, 09:38 WIB
Balap Formula E, balap mobil listrik Balap Formula E, balap mobil listrik
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, negosiasi Jakarta untuk jadi tuan rumah Formula E berlangsung beberapa bulan. Tapi sebelum sah, dia tidak ingin beritanya digembar-gemborkan.

"Memang pembicaraan kemarin yang kita lakukan kita tidak ingin ramai-ramai tapi belum tentu ada hasilnya, jadi kita proses memenuhi semua persyaratan, mengikuti prosedur mereka," kata Anies dalam pertemuan Kamis, (19/9/2019).

Baca juga: Plus Minus Balapan Formula E di Jakarta Menurut Moreno Soeprapto

Anies mengatakan, saat negosiasi, tim bentukan Formula E sudah datang ke Jakarta melakukan studi awal di Jakarta. Tim kemudian membuat visibility studies serta kajian trek yang akan diselenggarakan.

"Kemudian sampai proses pembicaraan di New York, AS. Pada waktu di New York saya juga bertemu beberapa pimpinan tinggi Formula E. Pada saat itu kita menyepakati untuk Insya Allah menyelenggarakan di Jakarta, tapi ini belum selesai, prosesnya masih cukup panjang," kata Anies.

Anies Baswedan Foto: KOMPAS.com/Aris F Harvenda Anies Baswedan

Anies mengatakan, keputusan final Jakarta sebagai tuan rumah Formula E 2020 baru diketuk pada Agustus 2019. Namun dia tidak bisa bicara karena menunggu pengumuman resmi dari pihak Formula E.

"Akhirnya Alhamdulilah semua sudah final, bulan lalu, dan tim Formula E sekarang datang Insya Allah akan diumumkan," katanya.

Baca juga: Sirkuit Jalanan Formula E Akan Tonjolkan Ikon Jakarta

Anies mengatakan, pihak Formula E memintanya tidak memberikan pernyataan terkait penyelenggaraan kejuaraan. Sebab dikhawatirkan dapat membuat kota-kota lain yang sebelumnya sudah masuk jadwal jadi cemas.

"Agak unik, pertama kali dalam sejarah mereka bahwa sebuah kota diselipkan masuk dalam daftar, karena itu menggeser banyak. Itu sebabnya kami dari dulu selalu diwanti-wanti tidak boleh mengumumkan," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X