Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usulan Ruas Jalan Jakarta yang Cocok Jadi Sirkuit Formula E

Kompas.com - 20/09/2019, 06:52 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah balapan Formula E pada 2020. Informasi ini tentunya mengundang banyak reaksi dari masyarakat, dan dinilai cukup positif untuk mengedukasi tentang mobil ramah lingkungan.

Perlu diketahui, Formula E ini sendiri merupakan pionir balap mobil listrik yang menjadikan jalanan perkotaan sebagai tempat balap. Lantas, jika nanti diadakan di Jakarta, kira-kira jalan mana yang cocok untuk dijadikan Sirkuit balap Formula E?

Baca juga: Ada Embargo, Anies Belum Bisa Bilang Kapan Formula E digelar

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sadikin Aksa menjelaskan, pembuatan sirkuit ini yang harus dipersiapkan oleh pemerintah kota dan penyelenggara. Sadikin menyebut terdapat beberapa ruas yang kemungkinan bisa menjadi sirkuit balap.

Ruas jalan  Bundaran Senayan hingga simpang Jalan Mangga Besar telah dibuka, Sabtu (25/8/2018). Pantauan Kompas.com, pukul 09.00, Jalan Jenderal Sudirman sudah kembali dibuka setelah pelari maraton terakhir memasuki Jalan Pintu I Gelora Bung Karno diikuti sejumlah mobil patroli lalu lintas yang menjaga jalannya perlombaan.KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA Ruas jalan Bundaran Senayan hingga simpang Jalan Mangga Besar telah dibuka, Sabtu (25/8/2018). Pantauan Kompas.com, pukul 09.00, Jalan Jenderal Sudirman sudah kembali dibuka setelah pelari maraton terakhir memasuki Jalan Pintu I Gelora Bung Karno diikuti sejumlah mobil patroli lalu lintas yang menjaga jalannya perlombaan.

“Setahu saya itu Jalan Medan Merdeka dan Jalan M.H Thamrin. Secara lebar memungkingkan,” ucap Sadikin yang dihubungi Kompas.com Minggu (14/7/2019).

Sadikin melanjutkan, setelah persiapan soal rute, masih ada syarat-syarat lainnya seperti teknis dan keselamatan yang harus memenuhi standar FIA.

Baca juga: Formula E, Langkah Baik Indonesia Kenalkan Kendaraan Listrik

Desain sirkuit ini nanti setelah dipersiapkan akan didiskusikan dengan IMI dan FIA beserta Formula E dan pemerintah kota.

Pebalap Tim Virgin Racing yang dibayangi Robin Frijns berkompetisi di New York E-Prix Formula E Musim 5 pada 13 Juli 2019 di New York, AS. Raksasa cybersecurity Kaspersky menjadi sponsor resmi tim Envision Virgin Racing untuk tahun kedua berturut-turut.AFP/Getty Images for Kaspersky/Mike Stobe Pebalap Tim Virgin Racing yang dibayangi Robin Frijns berkompetisi di New York E-Prix Formula E Musim 5 pada 13 Juli 2019 di New York, AS. Raksasa cybersecurity Kaspersky menjadi sponsor resmi tim Envision Virgin Racing untuk tahun kedua berturut-turut.

Sebenarnya masih ada beberapa sirkuit perkotaan seperti di BSD City, Tangerang. Namun Formula E selalu menggunakan jalanan Ibu Kota negara disetiap seri penyelenggaraannya.

Salah satu tim balap yang ikut dalam ajang Formula E 2018.Formula E Salah satu tim balap yang ikut dalam ajang Formula E 2018.

“Terpenting rencana ini sudah dikunci penyelenggaraannya terlebih dulu. Formula E ini bisa jadi promosi buat Indonesia karena disiarkan secara live ke seluruh dunia. Kami sebagai federasi siap mendukung dan mendampingi pemerintah kota untuk persiapnnya nanti,” kata dia.

Baca juga: Jakarta Sudah Siap Jadi Tuan Rumah Formula E

Informasi resmi dan lengkap mengenai balapan Formula E di DKI Jakarta ini akan diumumkan siang ini, karena bakal ada press conference antara Pemprov, tim dari Formula E, dan para media nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com