Laris di Indonesia, Calya Sigra Belum Diminati di Luar Negeri

Kompas.com - 19/09/2019, 08:01 WIB
Daihatsu Sigra Facelift Daihatsu Sigra Facelift
|

TANGERANG, KOMPAS.com - Menjadi salah satu tulang punggung penjualan Astra Daihatsu Motor (ADM) di dalam negeri, tak serta merta membuat Daihatsu Sigra juga diminati di pasar internasional.

Amelia Tjandra, Direktur Marketing ADM, mengatakan, Sigra yang merupakan mobil multi purpose vehicle (MPV) tujuh penumpang di kelas low cost and green car (LCGC), baru cocok di pasar Indonesia.

Baca juga: Toyota Calya Belum Jadi Komoditas Ekspor

"Tipikal mobil 7-seater yang laku di Indonesia ini di luar tidak, karena itu kalau kita ekspor bukan yang 7-seater tapi yang 5-seater yaitu Ayla atau Agya, dan kita tidak eskpor untuk brand Daihatsu tapi Toyota," kata Amelia belum lama ini.

Daihatsu Sigra facelift meluncur dengan membawa beberapa perubahan. KOMPAS.com/Gilang Daihatsu Sigra facelift meluncur dengan membawa beberapa perubahan.

Sigra laku keras di Indonesia karena berjenis MPV dan harganya murah. Sejak meluncur pada 2016, Sigra kini bahkan mengalahkan penjualan kakaknya Xenia. Serta menyalip kembarannya sendiri yaitu Toyota Calya.

"Yang laku 7-seater itu di Indonesia, karena masyarakat Indonesia suka bersosialisasi, mereka kalau beli mobil akan memikirkan kalau akhir pekan akan dipakai sama keluarga," kata Amel.

Baca juga: Pembagian Produksi Calya-Sigra Tergantung Permintaan Pasar

Walau demikian, bukan berarti ADM tidak mengekspor mobil MPV ke luar negeri. Sebab Toyota Avanza yang dikirim ke berbagai negara diproduksi oleh Daihatsu, tapi untuk Sigra memang belum ada pasarnya.

"Tapi untuk 7-seater (merek Daihatsu Sigra) pasarnya belum ketemu, kalau nanti ketemu pasar seperti orang Indonesia pasti kita ekspor," kata Amel

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X