Minimalkan Dampak Ban Pecah, Perhatikan Speed Index dan Load Index

Kompas.com - 18/09/2019, 19:21 WIB
Ban pecah akibat injak botol isi air keras Ban pecah akibat injak botol isi air keras

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian ban pecah pada mobil yang sedang melaju di jalur bebas hambatan dampaknya bisa sangat fatal.

Namun, hal tersebut bisa diminimalkan jika pemilik mobil memperhatikan speed index (indeks kecepatan) dan load index (indeks beban) pada ban mobilnya.

Sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Sebab, segala sesuatunya pasti memiliki batasan. Tak terkecuali dengan ban mobil yang memiliki batasan beban dan kecepatan.

Batasan ini juga beragam, setiap ban memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

Baca juga: Hindari Ban Pecah, Perhatikan Bagian Ban yang Aman Ditambal

"Di setiap ban itu ada speed index-nya masing-masing. Nah, setiap mobil sesuai kemampuannya pabrikan sudah menyesuaikan ban dengan spesifikasi seperti speed index apa yang cocok untuk kemampuan setiap mobil," ujar Marcell Kurniawan, Direktur Pelatihan The Real Driving Center.

kode banStanly/Otomania kode ban

Begitu pula dengan load index, karena tiap model juga memiliki beban yang berbeda-beda. Untuk melihat load index dan speed index, terdapat di dinding ban. Tepatnya dua kode terakhir.

Baca juga: Enggak Basi, Ban Tak Punya Masa Kedaluwarsa

Load index menggunakan kode angka dua digit, sedangkan speed index menggunakan kode atau simbol huruf. Misalkan, kode yang tertera pada ban adalah 175/65 R14 82H. Maka 82 adalah load index dan H adalah speed index.

Berikut daftar load index dan speed index:

Daftar load index dan speed index ban.Kompasiana Daftar load index dan speed index ban.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X