Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Pemicu Pecah Ban, Tambal Ban Model Tusuk Hanya Untuk Sementara

Kompas.com - 17/09/2019, 16:18 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ban mobil yang sudah pernah mendapat tambal bal memang masih bisa dipakai. Namun yang harus jadi perhatian, seperti apa tambal ban yang dilakukan. Jangan sampai efek tambal ban jadi bom waktu pemicu pecah ban.

Menurut Customer Engineering Support PT Michelin Indonesia Fachrul Rozi, tambal ban model tusuk memang cukup diminati oleh orang-orang, karena harganya yang terjangkau. Padahal metode ini hanya dianjurkan untuk sementara saja.

“Tambalan model tusuk atau yang seperti cacing sifatnya hanya sementara, sampai dibawa ke bengkel. Sebab tambalan ini tidak secara sempurna menutup lubang yang menyebabkan bocor,” ujarnya saat ditanya Kompas.com (17/9/2019).

Baca juga: Panik Saat Ban Pecah, Lebih Baik Tambah Gas Ketimbang Injak Rem

Ilustrasi tambal ban pinggir jalan yang biasa menawarkan jasa tambal model tusukGridOto.com Ilustrasi tambal ban pinggir jalan yang biasa menawarkan jasa tambal model tusuk

“Kalau ujung paku atau benda tajam yang menancap, menggesek bagian dalam ban. Ini yang berpotensi menimbulkan celaka di kemudian hari. Air mungkin bisa masuk, atau luka sayatan makin melebar hingga berakibat pecah ban,” sambung Rozi.

Rozi juga mengingatkan, tambal ban yang baik adalah yang dilakukan dari dalam. Biasanya dilakukan oleh bengkel-bengkel besar, dan harganya memang tidak murah. Sebab prosesnya yang lebih rumit ketimbang tambal ban model tusuk.

“Kalau dari dalam, ban harus dibuka. Nanti ditempel tire patch atau yang biasa dikenal dengan merek Tip Top. Ini sifatnya bisa permanen, sampai usia ban habis,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com