Alasan Toyota Calya Facelift Belum Pakai AC Double Blower

Kompas.com - 17/09/2019, 07:42 WIB
Toyota Calya Facelift 2019 Toyota Calya Facelift 2019
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAs.com - Calya facelift resmi meluncur dengan tampilan baru serta fitur yang lebih lengkap. Perubahan ini pun membuat harganya terkerek mulai dari Rp 1,4 juta hingga Rp 2 juta.

Sayangnya, Toyota tetap mempertahankan rasa Calya lawas pada sektor kabin, yakni adanya belum dilengkapi dengan AC double blower dan bertahan dengan sistem kipas angin atau air circulator. Artinya meski meski secara estetika naik dan fitur hiburan naik kelas, tapi AC double blower tetap absen.

Lantas apa alasan Toyota tetap mempertahankan air circulator dibanding menyematkan blower air conditioner (AC). Menjawab hal ini, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi, menjelaskan bila hal tersebut lebih dikarenakan faktor efesiensi bahan bakar.

Baca juga: Calya Sigra Facelift Meluncur, Sudah Ada Diskonnya

"Pertimbangan untuk double blower memang ini ada beberapa hal dan mengundang pro kontra. Kalau kita sematkan double blower sebenarnya ada hal lain yang harus dikorbankan, contoh adalah konsumsi bahan bakar," ujar Anton di sela-sela peluncuan Calya facelift di Jakarta, Senin (16/9/2019).

Toyota Calya Facelift 2019 Toyota Calya Facelift 2019

Karena pertimbangan tersebut, menurut Anton akhirnya Toyota tetap mempertahankan air circulator seperti pada model Calya sebelumnya, begitu juga dengan saudara kembarnya, Sigra.

Tidak hanya itu, dari hasil pengetesan suhu udara yang dilakukan oleh Toyota, penggunaan "kipas angin" pada kabin Calya masih dalam katergori yang cukup diterima. Artinya air circulator masih cukup bisa diandalkan untuk memberikan kesejukan di dalam kabin.

Baca juga: Calya Sigra Facelift Meluncur, Sudah Ada Diskonnya

"Dari hasil tes yang kita lakukan sendiri memang penurunan suhu di dalam kabin masih dalam level yang acceptable. Masukkan konsumen sendiri memang ada yang terbiasa dengan double blower, tapi dari ukuran suhu air circulator masih bisa mempertahankan cooling effect dan konsumsi bahan bakar yang baik," ucap Anton.

Toyota Calya Facelift 2019 Toyota Calya Facelift 2019

Sekadar informasi, air circulator bekerja dengan menghisap udara dari bagian depan, termasuk yang dihempuskan dari kisi-kisi AC di bagian dasbor kemudian di transfer ke baris kedua dan ketika pada kabin Calya. Proses kerjanya jelas berbeda dengan double blower yang langsung mengambil udara dingin dari AC.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X