Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Tahun, Populasi Toyota Calya Mendekati 215.000 Unit

Kompas.com - 16/09/2019, 16:15 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA. KOMPAS.com - Toyota akhirnya membenahi tampilan Calya dengan memberikan sentuhan baru yang diklaim lebih agresif dan elegan.

Dibandingkan dengan model sebelumnya, tampang Calya kini memang jauh lebih fresh.

Tidak hanya itu, Toyota pun ikut membenamkan beberapa fitur baru terutapa pada varian tertingginya.

Hal ini dilakukan untuk menambah kenyamanan serta kemewahan dari mobil murah ramah lingkungan berbasi tujuh penumpan tersebut.

Menurut Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi, kehadiran Calya memberikan dampak besar bagi Toyota, apalagi secara segmentasi Calya lebih mengincar ke konsumen baru atau entry buyer.

Baca juga: Harga Naik, Berikut Detail Ubahan Calya Facelift

"Sejak Calya hadir sangat memberikan dampak signifikan bagi Toyota di segmen entry MPV market. Calya berhasil memberikan kontribusi dalam meroketkan pasar di mana segmen ini (entry MPV) menjadi empat kali lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya," ujar Anton saat seremoni peluncuran Calya facelift di Jakarta, Senin (16/9/2019).

Toyota Calya 2019Stanly Ravel/Kompas.com Toyota Calya 2019

Menurut Anton, sebelum ada Calya segmen entry MPV di 2015 pasarnya sekitar 20.731 unit. Namun kondisi berubah total sejak enam bulan Calya meluncur, yakni langsung meningkat hingga 96.172 unit di 2016.

Dari segi penjualan, setiap tahun Toyota menggaku Calya pun berhasil mendulang angka yang cukup tinggi.

Segmentasi pasarnya mulai melebar, bukan hanya konsumen pertama atau yang pindahan dari pengguan sepeda motor, tapi juga konsumen fleet dari berbagai perusahaan.

Baca juga: Toyota Calya 2019 Meluncur, Simak Detail Harganya

Toyota Calya Facelift 2019 Toyota Calya Facelift 2019

Makin meningkat lagi ketika taksi online mulai menjamur yang mana rata-rata didominasi oleh Calya dan saudara kembarnya, yakni Daihatsi Sigra.

"Secara total sejak pertama mengaspal hingga Agustus 2019, atau tiga tahun setelah diluncurkan, penjualan Calya sudah mencapai 214.977 unit. Ada konsumen yang fleet, untuk taksi online mungkin di pakai karena basisnya MPV yang lebih luas, tapi untuk jumlahnya yang dipakai taksi online kami tidak ada," kata Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com