Limbah Baterai Motor Listrik Bisa Buat Lampu Jalan

Kompas.com - 10/09/2019, 08:02 WIB
Baterai yang sudah tidak terpakai ternyata bisa digunakan untuk penerangan jalan. Foto: Viar Motor IndonesiaBaterai yang sudah tidak terpakai ternyata bisa digunakan untuk penerangan jalan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Viar menggandeng Universitas Pelita Harapan untuk melakukan riset pemanfaatan limbah baterai motor listrik. Hasilnya, baterai yang sudah tidak terpakai ternyata bisa digunakan untuk penerangan jalan.

Dr. Henri P. Uranus, Kepala Program Studi Teknik Elektro UPH mengatakan, baterai bekas dapat dimanfaatkan sebagai sumber daya lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) dengan menggunakan Solar Panel sebagai sumber energi pengisiannya.

Baca juga: Tanpa Pabrik Baterai, Proyek Kendaraan Listrik Bisa Terhambat

Dr. Henri P. Uranus, Kepala Program Studi Teknik Elektro Universitas Pelita HarapanFoto: Istimewa Dr. Henri P. Uranus, Kepala Program Studi Teknik Elektro Universitas Pelita Harapan

“Dari penelitian yang sudah saya dan tim lakukan bahwa baterai yang sebelumnya telah digunakan untuk motor listrik masih sangat mumpuni untuk digunakan untuk lampu PJU, dan ini telah coba kami ukur di lab," kata Henri dalam keterangan tertulis, Senin (9/9.2019).

Bahkan, kata Henri, baterai yang kapasitas jelajah motor listriknya tinggal 50 persen dapat digunakan hingga 1 minggu untuk lampu jalan 10W atau 4 hari untuk lampu 20W dari terisi penuh sampai dimatikan sistem proteksi BMS internal baterainya.

“Baterai yang digunakan di motor listrik ini, adalah jenis li-ion yang secara kualitas di atas baterai lead acid jenis VRLA yang biasa digunakan untuk lampu PJU solar pada umumnya," katanya.

Baca juga: Mengenal 3 Jenis Baterai Lithium Ion, Mana yang Paling Bagus?

Henri mengatakan, dengan memanfaatkan limbah baterai bekas untuk PJU bertenaga surya maka daur hidup baterai bertambah panjang sehingga pada akhirnya turut mengurangi beban lingkungan.

"Prototipe hasil penelitian dengan baterai bekas motor listrik ini akan kami aplikasikan di lingkungan kampus sebagai percontohan,” kata Henri.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X