Susul TransJakarta, PPD dan Bus Bandara Jajaki Bus Listrik

Kompas.com - 09/09/2019, 07:42 WIB
Bus Listrik MAB Bus Listrik MAB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendiri PT Mobil Anak Bangsa ( MAB), Moeldoko, mengataan bus listrik MAB tidak hanya akan digunakan oleh TransJakarta tapi juga PPD dan bus-bus di bandara.

Moeldoko yang juga menjabat Kepala Staf Kepresidenan RI mengatakan, bus listrik MAB sudah lolos homologasi dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perindustrian, dan akan segera diproduksi massal dalam waktu dekat.

Baca juga: TransJakarta Uji Coba Bus Listrik dengan Angkut Galon Air, Ini Rutenya

"Tiga puluh sedang dikerjakan (TransJakarta/TJ)), tahun 2020 dari PPD juga sudah minta 130 unit. Terus Garuda, Mitsui, beberapa sudah ada yang minta," kata Moeldoko, di Balai Kartini belum lama ini.  

Tes bus listrik MAB dengan Kemenhub di Jakarta Tes bus listrik MAB dengan Kemenhub di Jakarta

Moeldoko mengatakan, pihaknya saat ini juga sedang melakukan penjajakan ke sejumlah pemimpin daerah agar meremajakan angkutan umum di wilayahnya, dengan memakai bus listrik yang ramah lingkungan.

"Kita sedang komunikasikan Wali Kota Bogor, Surabaya, Bekasi, Batu semua sudah respon, untuk segera bisa mengubah angkutan umum, kita sedang siapkan di MAB, kita akan segara meluncurkan nanti ke depan," kata Moeldoko.

Baca juga: Skuad Bus Transjakarta Akan Dilengkapi Bus Listrik

Kendati mengatakan sedang sosialisasi kepada sejumlah kepala daerah, Moeldoko belum berpikir harus membuat undang-udang yang menekankan agar transportasi umum harus memakai kendaraan listrik.

"Kalau kewajiban, itu mungkin sudah kewajiban dari respon masing-masing kepala daerah untuk memikirkan energy security dan faktor lingkungan tadi. Lebih bagus ada kewajiban atas itu," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X