Menilik Isi Pabrik Esemka di Boyolali

Kompas.com - 07/09/2019, 12:27 WIB
Intip dalaman pabrik Esemka di Boyolali STANLY RAVELIntip dalaman pabrik Esemka di Boyolali
Penulis Stanly Ravel
|

SOLO, KOMPAS.com - Pabrik mobil Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi di Sambi-Boyolali, Jawa Tengah, sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo ( Jokowi), pada Jumat (6/9/2019).

Jokowi yang datang sekaligus meninjau pabrik tersebut pun, menilai bila pabrik Esemka yang saat ini menjadi pabrik mobil pertama di Jawa Tengah, memiiki fasilitas yang cukup lengkap untuk memproduksi kendaraan. 

"Dari awal saya melihat ada assembly line, ada finishing line, ada juga pengerjaan mesin, proses-proses di sini nanti perlu dilihat. Yang penting di sini brand dan prinsipalnya Indonesia," ucap Jokowi di pabrik Esemka, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Baca juga: Belasan Ribu Pikap Esemka Sudah Dilirik UKM

Intip dalaman pabrik Esemka di Boyolali Intip dalaman pabrik Esemka di Boyolali

Dari pengamatan Kompas.com di lokasi, memang sarana dan fasilitas dari pabrik Esemka cukup lengkap. Beberapa peralatan canggih dan modern digunakan dalam proses perakitan oleh tenaga pekerja yang hampir seluruhnya berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) di Solo Raya.

Mulai dari fasilitas jalur perakitan, pengecatan, perakitan mesin, area khusus untuk bubut, pengelasan, pengecapan, sampai ruang pamer kendaraan.

Intip dalaman pabrik Esemka di Boyolali Intip dalaman pabrik Esemka di Boyolali
Pabrik Esemka sendiri berdiri di lahan seluas 115.000 meter persegi. Dari luas tanah tersebut, 12.500 meter per seginya sudah digunakan sebagai bangunan untuk failitas pabrik. Sisanya masih lahan terbuka.

Sementara di samping pabrik ada area test drive untuk menguji mobil-mobil yang diproduksi oleh Esemka. Mulai dari jalur menanjak, jalan bumpy serta bergelombang, jalur memutar untuk mengetes handling, sampai lintasan lurus.

Baca juga: Akhirnya, Jokowi Resmikan Pabrik Esemka [VIDEO]

Intip dalaman pabrik Esemka di Boyolali Intip dalaman pabrik Esemka di Boyolali

Menurut Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya, area lahan yang digunakan merupakan tanah sewa dari kas desa. Dia sengaja memilih Boyolali sebagai pabrik karena sesuai dengan semangat untuk membangkitkan perekonomian di desa.

"Lahan ini tanah kas desa yang kami sewa selama 30 tahun. Ada beberapa lahan lagi di samping akan kita bangun sebagai area stok produk. Untuk proses produksi, total kapasitas satu tahun itu 18.000, untuk per harinya," ucap Eddy kepada Kompas.com.

Intip dalaman pabrik Esemka di Boyolali Intip dalaman pabrik Esemka di Boyolali

"Esemka ini brand yang sudah diusung di Jawa Tengah, jadi kami tetap pilih Boyolali sebagai pabrik agar masyarakat di Jawa Tengah juga menjadi bagian dari kami, Boyolali juga selama ini belum ada aktivitas manufakturnya juga," dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X