Lebih Dekat dengan Mobil Pak Tani AMMDes Bertenaga Listrik

Kompas.com - 06/09/2019, 10:11 WIB
AMMDes Listrik di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 AMMDes Listrik di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Alat Mekanis Multiguna Perdesaan alias AMMDes, tampil mengejutkan di ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019.

Tak lagi menggunakan mesin diesel, tapi disulap menjadi sebuah kendaraan ramah lingkungan bertenaga listrik.

Kendaraan "pak tani" ini kini tampil menggunakan mesin listrik olahan Institut Teknologi Bandung ( ITB) yang bernama e-AMMDes. Proses pengerjaannya pun tidak memakan waktu lama, hanya dua minggu.

Rancang bangunnya tidak berubah, semua hanya fokus pada pengembangan motor listriknya saja. Haikal perwakilan dari ITB, menjelaskan bila mesin diesel 650 cc bawaan AMMDes diganti dengan motor listrik berdaya 7,3 kW.

Baca juga: Tampil Beda, Kendaraan Pak Tani Bertenaga Listrik

AMMDes Listrik di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 AMMDes Listrik di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019

"Komponen juga turut diganti, dari instalasi kelistrikan, controller, baterai itu semua kita ganti. Total kita gunakan 12 pak baterai jenis VRLA dengan daya 4,6 kWh, lalu genset 3.0 kVA/2.8 kW," ucap Haikal kepada Kompas.com, Rabu (4/9/2019).

Genset yang dimaksud Haikal adalah range extender. Fungsinya sebagai daya cadangan ketika asupan listrik yang berasal tenaga utama atau baterai habis.

Namun untuk pengoperasiannya tidak otomatis, karena harus difungsikan secara manual dari panel boks yang menempel di belakang.

Menariknya, genset ini juga bisa dijadikan sumber listrik bagi kebutuhan rumah tangga, karena sudah terdapat beberapa colokan dalam boks panelnya.

"Karena masih kita kembangkan, untuk saat ini daya tempuh dalam kondisi baterai penuh itu 25 km, lalu dengan adanya genset ini bisa menambah jarak sekitar 200 sampai 300 meter," kata Haikal.

Baca juga: AMMDes Resmi Jadi Ambulans Ibu Melahirkan di Banten

Meski masih jauh dari kata sempurna, tapi secara fungsi sudah bisa dikatakan berjalan cukup baik. Hanya saja memang masih diperlukan beberapa pengembangan lain, seperti dari daya jelajah baterai, waktu pengisian, sampai merapihkan semua sektornya.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X