Kompas.com - 06/09/2019, 09:22 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

 

BOYOLALI, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, menyambut baik peluncuran produk dan pabrik PT Solo Maufaktur Kreasi sebagai produsen mobil Esemka, di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Menurut Airlangga, Esemka memiliki peluang yang cukup baik untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia, termasuk dalam persaingan di segmen kendaraan niaga ringan.

"Peluang pasti ada, jadi untuk semua mobil yang harga jualnya di bawah Rp 200 juta di Indonesia itu peluangnya sangat baik," kata Airlangga kepada beberapa wartawan sebelum peluncuran Esemka di Boyolali, Jumat (6/9/2019).

Baca juga: Esemka Jadi Pabrik Mobil Pertama di Jawa Tengah

Airlangga mengatakan harga mobil di bawah Rp 200 juta merupakan sarana untuk mengakomodir migrasi dari kendaraan roda dua ke mobil.

- -

Meski konteksnya bukan mobil penumpang melainkan mobil niaga, Airlangga optimis Esemka akan berkembang.

Baca juga: Harga Mobil Esemka Dipastikan Murah, di Bawah Rp 150 Juta

Harga Esemka

Seperti diketahui, beberpaa waktu lalu Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya, telah memastikan bila harga Esemka Bima 1.2 dan 1.3 tidak akan lebih dari Rp 150 juta.

Kabar ini pun dibenarkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang datang dalam seremoni peluncuran. Bahkan Budi menyebutkan angka bila harga Esemkan akan sangat terjangkau.

Baca juga: Mengingat Sejarah Kehadiran Esemka di Pasar Otomotif Nasional

Pabrik perakitan mobil Esemka, PT Solo Manufaktur KreasiStanly Ravel/Kompas.com Pabrik perakitan mobil Esemka, PT Solo Manufaktur Kreasi

"Untuk mobil yang akan aktif di pedesaan Esemka sangat punya peluang, apalagi yang saya dengar harganya itu di bawah Rp 150 juta, sekitar Rp 110 jutaan kalau tidak salah," ujar Budi.

"Saya ucapkan selamat untuk Esemka, semoga bisa mengembangkan banyak lagi produk lokal dalam negeri," kata dia.

Baca juga: Esemka Pernah Gandeng Pindad untuk Bikin Mobil Listrik

Presiden RI Joko Widodo dikabarkan akan melakukan persemian pembukaan pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah ini.

Seperti dijelaskan Airlangga, pabrik Esemka menjadi pabrik mobil pertama yang berada di Jawa Tengah. Diharapkan, pabrik Esemka ini mampu menyerap tenaga kerja lokal, serta komponen dalam negeri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.