Bila Dijual, Nissan Leaf Masih Berstatus Impor

Kompas.com - 05/09/2019, 10:30 WIB
Nissan Leaf dipamerkan di IEMS 2019. Kompas.com/DonnyNissan Leaf dipamerkan di IEMS 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Akan diluncurkan tahun 2020, Nissan Leaf masih belum akan diproduksi di Indonesia. Mobil listrik ini masih akan didatangkan dengan status CBU (Completely Build-Up).

Dengan keluarnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019, setiap produsen otomotif diharapkan bisa memproduksi kendaraan listrik sendiri.

Ini bertujuan agar harganya bisa lebih terjangkau. Pemerintah hanya sementara memberikan keringanan APM yang melakukan impor mobil listrik.

Baca juga: Bisa Jajal Nissan Leaf di IEMS 2019

Keringanan untuk impor hanya diberikan kepada pelaku industri yang sudah berkomitmen untuk melakukan investasi kendaraan listrik di Indonesia.

Dalam Perpres Nomor 55 Tahun 2019 juga mengatur Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang harus mencapai 35 persen pada tahun 2023.

Nissan Leaf dipamerkan di IEMS 2019.Kompas.com/Donny Nissan Leaf dipamerkan di IEMS 2019.

Isao Sekiguchi, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI), mengatakan bahwa untuk saat ini belum ada informasi yang bisa diumumkan terkait lokalisasi pembuatan Nissan Leaf.

"Kami ingatkan lagi, untuk lokalisasi produk itu membutuhkan banyak kerja sama dari berbagai pihak. Tidak hanya Nissan sebagai pabrikan, tapi juga dari pihak supplier dan lainnya," ujar Sekiguchi, di sela-sela pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Baca juga: Simak Kinerja ”Pedal Pintar” Nissan Leaf

Sekiguchi menambahkan, dirinya percaya bahwa semua pemangku kepentingan memiliki kepentingan yang sama untuk mendukung perkembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X