Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 04/09/2019, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) tidak hanya memamerkan mobil listrik mereka, yakni Nissan Leaf. Tapi, Nissan juga mempersilakan para pengunjung pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 untuk mencoba langsung produk tersebut.

Pameran yang digelar selama dua hari, 4-5 September 2019, di Balai Kartini, Jakarta, ini menyediakan arena test drive untuk Nissan Leaf.

Dengan merasakan sensasi mengendarai mobil listrik, Nissan berharap hal ini akan mendorong minat masyarakat Indonesia untuk berpindah dari mobil konvensional ke mobil listrik.

Baca juga: Peluncuran Nissan Leaf Tak Terpengaruh Perpres Mobil Listrik

"Nissan adalah pemimpin elektrifikasi secara global. Kami telah menjual lebih dari 400.000 kendaraan listrik di 51 pasar di seluruh dunia, dan kami membawa pengalaman ini untuk membantu mempercepat penerapan kendaraan listrik di Indonesia," ujar Isao Sekiguchi, Presiden Direktur Nissan Indonesia, di sela-sela acara IEMS 2019, Rabu (4/9/2019).

Nissan Leaf dipamerkan di IEMS 2019.Kompas.com/Donny Nissan Leaf dipamerkan di IEMS 2019.

Nissan Leaf sendiri pertama kali diluncurkan tahun 2010 dan menjadi kendaraan listrik pertama yang dipasarkan secara umum. Mobil ini juga diklaim sebagai mobil listrik terlaris di dunia.

Penelitian dari Frost & Sullivan untuk Nissan menunjukkan bahwa empat dari sepuluh pelanggan di Indonesia terbuka terhadap kemungkinan membeli kendaraan listrik sebagai mobil mereka berikutnya.

Baca juga: Nissan Leaf Jadi Mobil Listrik Terlaris

Namun, penggunaan kendaraan listrik secara luas masih terhalang oleh ketersediaan stasiun pengisian daya dan kesalahpahaman tentang keamanan, keandalan dan jarak tempuh mobil listrik.

"Kendaraan listrik dapat membantu mengurangi polusi udara dan suara, serta ketergantungan terhadap bahan bakar fosil. Manfaatnya tidak hanya untuk masyarakat saat ini, tetapi juga untuk generasi selanjutnya di masa depan. Kerjasama antara para produsen mobil, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya sangatlah penting untuk mempercepat elektrifikasi di Indonesia," kata Sekiguchi.

Meski demikian, Nissan sudah berkomitmen untuk menghadirkan mobil listrik ini di tahun 2020 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke