Produsen Harus Berinovasi pada Kendaraan Listrik

Kompas.com - 29/08/2019, 18:01 WIB
Kemenperin dan NEDO memulai proyek demonstrasi efisiensi motor listrik. IstimewaKemenperin dan NEDO memulai proyek demonstrasi efisiensi motor listrik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memberikan banyak insentif untuk kendaraan listrik melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. Untuk itu, inovasi di ranah kendaraan listrik juga perlu ditingkatkan.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, untuk memacu daya saing industri di Indonesia, perlu dibangunnya ekosistem inovasi.

Hal ini juga didorong oleh pemerintah yang memberikan insentif pemotongan pajak hingga 300 persen untuk industri yang melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan, serta desain.

Baca juga: Investasi Baterai Kendaraan Listrik Tinggal Selangkah

Salah satu sektor industri yang sedang dikembangkan adalah produksi baterai kendaraan listrik. Airlangga menyebutkan bahwa proses Indonesia bisa memproduksi baterai kendaraan listrik hanya tinggal selangkah lagi.

Penjualan Gesits di IIMS 2019 Penjualan Gesits di IIMS 2019

"Saat ini, kita sudah punya industri bahan bakunya, kemudian kita akan siapkan industri battery cell-nya," ujar Airlangga, dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (29/8/2019).

Airlangga menambahkan, sudah ada pabrikan kendaraan bermotor listrik yang telah siap melakukan perakitan pak baterai kendaraan listrik, apabila sudah ada investasi di battery cell.

"Ini menjadi suatu tantangan bagi pelaku industri baterai kendaraan listrik di Indonesia, agar juga bisa menyesuaikan standar yang ada. Ini memang perlu terus dilakukan kajian atau studi yang lebih dalam lagi ke depannya," kata Airlangga.

Baca juga: Sistem Swap Baterai Fokus pada Motor Listrik

Airlangga mengatakan, langkah strategis sudah disiapkan secara bertahap. Sehingga, Indonesia bisa melompat untuk menuju produksi mobil atau motor listrik yang berdaya saing di pasar domestik maupun ekspor.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X