Kemenhub Siapkan Pengadaan Bus Listrik di 2021

Kompas.com - 28/08/2019, 14:32 WIB
Tes bus listrik MAB dengan Kemenhub di Jakarta Tes bus listrik MAB dengan Kemenhub di Jakarta
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) akan mendorong bus listrik sebagai transportasi umum. Langkah ini akan dilakukan dengan pengadaan beberapa unit pada 2021 mendatang.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, tahap awal pengadaan pada 2020 dengan konsep memberikan layanan akan dimulai melalui pengadaan bus premium, setelah itu akan dilakukan kajian untuk implementasi bus listrik di 2021.

"Saya sampaikan kelanjutan dari angkutan massal untuk bus listrik memang akan saya dorong, nanti untuk programnya saya perioritaskan bus listrik. Tapi memang karena skema buy to service perhubungan darat untuk kota di luar Jakarta jadi mungkin nanti busnya akan lebih kecil lagi," kata Budi di sela-sela tes bus listrik keluaran PT Mobil Anak Bangsa ( MAB) di Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Baca juga: Perpres Terbit, Bus Listrik MAB Masuk Produksi Komersil

Budi menjelaskan program pengadaan ini lanjutan dari Bus Rapid Trans (BRT), namun karena konsepnya berbeda maka nantinya akan ikut menggandeng pihak operator. 

Sejalan dengan itu, di 2020 Budi mengatakan dirinya akan melakukan kajian untuk pengadaan bus listrik yang akan dimulai pada 2021 mendatang. Untuk modelnya sendiri merupakan bus berdimensi lebih kecil karena untuk menyesuaikan kondisi jalanan di kota tersebut.

Bus listrik ramah lingkungan yang akan diuji coba PT Transjakarta. Foto diambil Kamis (21/3/2019)KOMPAS.com/RYANA ARYADITA Bus listrik ramah lingkungan yang akan diuji coba PT Transjakarta. Foto diambil Kamis (21/3/2019)

"Kalau untuk BRT waktu itu hanya berupa pengadaan saja, untuk bus listrik di 2021 ini kajiannya kami akan gandeng pihak operator, jadi bukan pengadaan saja bentuknya. Kenapa lebih kecil, karena memang untuk kota di luar Jakarta seperti di Bandung," ucap Budi.

Sedangkan untuk di Jakarta sendiri, menurut Budi nantinya akan ada bus listrik yang mulai beroperasi, contohnya dari pihak Transjakarta dan Damri. Untuk Transjakarta akan rencananya dimulai pada 2020 mendatang setelah uji coba.

Baca juga: Kemenhub Dorong Bus Listrik Jadi Angkutan Umum

Bus Listrik MAB Bus Listrik MAB

Hal ini pun disampaikan oleh Techincal Director PT MAB Bambang Tri Soepandji. Menurut Bambang, dalam waktu dekat pihaknya akan memenuhi permintaan unit bus listrik untuk Transjakarta.

"Transjakarta akan gunakan MAB, tapi di bawah operator PPD. Untuk unit pemesanannya itu mereka minta 100 tapi memang bertahap, kalau dari kebutuhan PPD sebenarnya mau mengganti hampir dari setengah armada yang dimilikinya," ujar Bambang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X