Berapa Harga Mercedes-Benz S600 Pullman Guard Bekas Presiden Jokowi?

Kompas.com - 26/08/2019, 06:32 WIB
Mobil kepresidenan Indonesia-1 saat menjajal Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/3/2018). Fabian Januarius KuwadoMobil kepresidenan Indonesia-1 saat menjajal Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/3/2018).
Penulis Stanly Ravel
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) bakal memiliki mobil dinas baru. Masih sama dengan sebelumnya, Jokowi akan menggunakan merek buatan Jerman, yakni Mercedes-Benz dengan seri S600 Guard.

Mobil baru tersebut akan menggantikan Mercy S600 Pullman Guard yang sudah digunakan sejak kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan menemani perjalanan Jokowi selama periode pertama kepemimpinannya (2014-2019).

Lantas kira-kira berapa kisaran harga mobil bekas Mercy S600 Guard yang sebelumnya digunakan Jokowi.

Apakah, kisarannya masih mencapai miliaran atau jsutru banderolnya turun karena ragam masalah yang telah dialaminya.

Baca juga: Mobil Dinas Baru Menteri Jokowi, Crown Hybrid Tiba Bulan Depan

Saat menanyakan hal ini, Deputy Director Marketing Communication Mercedes-Benz Indonesia (MBI) Hari Arifianto, menjelaskan bila sampai saat ini pihaknya belum mengetahui harga bekas dari mobil yang sudah digunakan oleh Jokowi.

Mobil kepresidenan Indonesia-1 saat menjajal Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/3/2018).Fabian Januarius Kuwado Mobil kepresidenan Indonesia-1 saat menjajal Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/3/2018).

"Ini menarik, tapi sayang kami tidak pernah menemui kasus seperti ini. Tapi biasanya, orang akan menilai harga bekasnya itu bukan dari mobil saja, tapi cerita di baliknya," ujar Hari saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (25/8/2019).

Baca juga: Berapa Harga Mobil Dinas Jokowi Mercy S600 Guard?

Menurut Hari, dari beberapa kejadian, biasanya mobil bekas pejabat atau tokoh pentingnya lainnya memang memiliki kisaran harga yang tidak menentu.

Hal ini lantaran yang menjual mobil itu akan memberikan harga bukan berdasarkan kondisi dari kendaraan saja, tetapi juga nilai sejarahnya.

Belum lagi ditambah dengan spesifikasi khusus yang dibuat spesial untuk mobil kepresidenan. Seperti diketahui, S600 Guard yang digunakan Jokowi memiliki rancang bangun yang berbeda dengan S600 versi reguler.

Mercedes-Benz S600 GuardCarBuzz Mercedes-Benz S600 Guard

Mobil tersebut sudah mendapat sertifikat VR10 yang merupakan sertifikasi tingkat perlindungan tertinggi untuk kendaraan non-militer.

Baca juga: Mobil Jokowi Mercedes Benz S600 Guard Anti Peluru dan Ledakan Bom

Mulai dari daya tahan kaca dari senapan serbu, sampai sertifikasi ERV yang menandakan mobil tersebut tahan terhadap ledakan.

"Karena spesifikasi khusus, biasanya meski sudah bekas tidak dijual sembarangan. Kalau pun dijual pasti lewat proses pemerintahan juga, dan harganya itu pasti abu-abu, karena kan ada cerita dan spesifikasinya beda dengan yang reguler," kata Hari.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X