Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2019, 08:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan terbitnya Perpres kendaraan listrik, PT Mobil Anak Bangsa (MAB) mau tancap gas untuk memproduksi bus listrik. Direncanakan ada 32 bus yang bakal dibuat hingga akhir 2019 mendatang.

Proses produksi guna kebutuhan komersil akan dilakukan antara September sampai November 2019 mendatang. Menariknya, selain bus, ternyata MAB juga akan memproduksi kendaraan niaga kecil bertenaga listrik untuk kebutuhan angkutan kota atau angkot listrik.

"Selain bus, kita juga akan produksi kendaraan kecil yang sama-sama bertenaga listrik, kita namakan Metropot. Bentuknya seperti mobil niaga ringan, tapi tidak seperti metromini," ucap Staf Manajemen PT MAB Kelik Irwantono kepada Kompas.com, Rabu (21/8/2019) lalu.

Baca juga: Perpres Terbit, Bus Listrik MAB Masuk Produksi Komersil

Kelik mengatakan Metropot memiliki dimens muatan layaknya angkot, hanya saja secara desain jauh lebih futuristik. Sementara untuk produksi, nantinya akan dilakukan berbarengan dengan bus listrik.

Bus listrik MAB resmi dipasarkan Bus listrik MAB resmi dipasarkan

Tapi sebagai tahap awal, angkot listrik ini bukan diproduksi untuk kebutuhan komersil, melainkan guna memenuhi pesanan sebuah perusahaan. Sayangnya Kelik tak mengungkapkan berapa jumlah yang akan diproduksi.

Baca juga: Mobil Menteri Harusnya PHEV

"Sekarang ini baru protipe, antara Oktober dan November kita akan mulai produksi karena sudah ada pembelinya. Tapi bukan untuk dijadikan angkot dulu, nanti akan sebagai mobil komuter di Kebun Binatang dari salah satu perusahaan, untuk CSR perusahan gitu," ujat Kelik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com