Mau Ada yang Produksi Angkot Listrik

Kompas.com - 23/08/2019, 08:02 WIB
Bus listrik ramah lingkungan yang akan diuji coba PT Transjakarta. Foto diambil Kamis (21/3/2019) KOMPAS.com/Ryana AryaditaBus listrik ramah lingkungan yang akan diuji coba PT Transjakarta. Foto diambil Kamis (21/3/2019)
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan terbitnya Perpres kendaraan listrik, PT Mobil Anak Bangsa ( MAB) mau tancap gas untuk memproduksi bus listrik. Direncanakan ada 32 bus yang bakal dibuat hingga akhir 2019 mendatang.

Proses produksi guna kebutuhan komersil akan dilakukan antara September sampai November 2019 mendatang. Menariknya, selain bus, ternyata MAB juga akan memproduksi kendaraan niaga kecil bertenaga listrik untuk kebutuhan angkutan kota atau angkot listrik.

"Selain bus, kita juga akan produksi kendaraan kecil yang sama-sama bertenaga listrik, kita namakan Metropot. Bentuknya seperti mobil niaga ringan, tapi tidak seperti metromini," ucap Staf Manajemen PT MAB Kelik Irwantono kepada Kompas.com, Rabu (21/8/2019) lalu.

Baca juga: Perpres Terbit, Bus Listrik MAB Masuk Produksi Komersil

Kelik mengatakan Metropot memiliki dimens muatan layaknya angkot, hanya saja secara desain jauh lebih futuristik. Sementara untuk produksi, nantinya akan dilakukan berbarengan dengan bus listrik.

Bus listrik MAB resmi dipasarkan Bus listrik MAB resmi dipasarkan

Tapi sebagai tahap awal, angkot listrik ini bukan diproduksi untuk kebutuhan komersil, melainkan guna memenuhi pesanan sebuah perusahaan. Sayangnya Kelik tak mengungkapkan berapa jumlah yang akan diproduksi.

Baca juga: Mobil Menteri Harusnya PHEV

"Sekarang ini baru protipe, antara Oktober dan November kita akan mulai produksi karena sudah ada pembelinya. Tapi bukan untuk dijadikan angkot dulu, nanti akan sebagai mobil komuter di Kebun Binatang dari salah satu perusahaan, untuk CSR perusahan gitu," ujat Kelik.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X