Jokowi Sempat Pilih Toyota Kijang Innova untuk Mobil Presiden

Kompas.com - 21/08/2019, 12:35 WIB
Toyota Kijang Innova Venturer 2017. Febri Ardani/Otomania.comToyota Kijang Innova Venturer 2017.

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang Presiden sudah sepatutnya mendapat kendaraan dengan tingkat pengamanan tertinggi. Sebagai contoh Mercedes-Benz S600 Pullman Guard yang digunakan Presiden Joko Widodo ( Jokowi) sebagai mobil dinasnya.

Sebelum diputuskan pakai Mercedes-Benz itu, Jokowi pernah mempertimbangkan Toyota Kijang Innova sebagai mobil dinasnya.

Kijang Innova menjadi pertimbangan di saat Jokowi sedang memikirkan mobil apa saja yang cocok untuk digunakannya saat blusukan. Sebab, Innova pernah akrab dengan Jokowi sejak menjabat sebagai Walikota Solo, Jawa Tengah, Gubernur DKI Jakarta.

Bahkan, kini Jokowi pun masih suka menggunakan Kijang Innova ketika datang ke suatu acara, termasuk ketika itu mengunjungi pameran otomotif roda dua, IMOS 2018 di JCC, Senayan, Jakarta Selatan.

Paspampres menjaga mobil yang membawa Capres petahana Joko Widodo menuju Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Jumat (10/8). Joko Widodo dan Maruf Amin akan melakukan pendaftaran Calon Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc/18.Dhemas Reviyanto Paspampres menjaga mobil yang membawa Capres petahana Joko Widodo menuju Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Jumat (10/8). Joko Widodo dan Maruf Amin akan melakukan pendaftaran Calon Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc/18.

Baca juga: Jokowi Identik dengan Kijang Innova

Mobil Presiden Harus Punya Tingkat Keamanan Tinggi

Mobil kepresidenan harus memiliki standar keamanan yang tinggi yang sudah ditentukan oleh Sekretariat Negara, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), dan pihak militer. Bukan hanya untuk melindungi nyawa presiden, tetapi nasib bangsa Indonesia juga bergantung pada sistem perlindungan ini.

Mobil dinas presiden ada yang sudah diciptakan sebagai armoured vehicle dari pabriknya langsung atau dimodifikasi lagi oleh perusahaan spesialis membuat mobil berpelindung tinggi.

Baca juga: Dari Indonesia untuk Dunia, Begini Wajah Otomotif Indonesia Terkini!

Bukan hanya bagian bodi saja yang diperkuat, tetapi bagian kaca pun juga termasuk. Kaca yang digunakan terdiri dari dua lapisan, lapisan lunak dan lapisan keras.

Baca juga: Promo Merdeka, Innova Diskon Puluhan Juta Rupiah

Lapisan kaca lunak membuat kaca menjadi elastis saat terkena hantaman dari luar. Jadi, kaca akan lentur, tidak pecah. Umumnya, kaca model ini dibuat dari bahan polikarbonat, karena mampu menyerap kekuatan peluru.

Selanjutnya, perubahan di bagian kaki-kaki. Bannya dibekali dengan model run flat tyre (RFT). Ban model ini masih bisa melaju hingga 60 kilometer tanpa udara. Pada mobil kepresidenan sebelumnya, menggunakan ban Michelin PAX 245-700 R470.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X