Jokowi Identik dengan Kijang Innova

Kompas.com - 21/08/2019, 11:01 WIB
Paspampres menjaga mobil yang membawa Capres petahana Joko Widodo menuju Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Jumat (10/8). Joko Widodo dan Maruf Amin akan melakukan pendaftaran Calon Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc/18. Dhemas ReviyantoPaspampres menjaga mobil yang membawa Capres petahana Joko Widodo menuju Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Jumat (10/8). Joko Widodo dan Maruf Amin akan melakukan pendaftaran Calon Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc/18.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) menyebut mobil Toyota Kijang di acara Muktamar V PKB, yang berlangsung di International Convention Center Westin Resort, Badung, Bali, Selasa (20/8/2019). Menurut Jokowi dari dulu hingga sekarang tetap setia dengan mobil MPV itu.

Orang nomor satu di Indonesia itu pun punya keterikatan dengan Toyota Kijang. Sejak menjabat sebagai Wali Kota Solo, Jawa Tengah, Gubernur DKI Jakarta, hingga kini menjadi Presiden tetap setia menggunakan MPV itu.

Baca juga: Jokowi: 1980-1985 Orang Dubai Naik Mercy dan BMW, Kita Masih Kijang...

Jokowi terlihat sering menggunakan Kijang Innova ketika melakukan kegiatan, sampai ketika mendaftar menjadi peserta Pemilihan Presiden 2019 ke Kantor Komisi Pemilihan Umum memilih menggunakan mobil itu.

Kijang Innova merupakan tipe mobil yang selalu digunakan Jokowi sebelum resmi dilantik jadi Presiden. Mobil tipe itu pula yang dulu rutin digunakannya saat masih aktif menjadi Gubernur DKI Jakarta pada periode Oktober 2012 hingga Oktober 2014, bahkan saat masih mengikuti kampanye Pilkada DKI 2012.

Toyota Kijang Innova yang dipakai oleh Jokowi ke Balaikotakompas.com-Fabian Toyota Kijang Innova yang dipakai oleh Jokowi ke Balaikota

Saat bertarung di Pilkada DKI 2012, Jokowi tercatat menggunakan Innova putih bernomor polisi B 1419 UKA. Mobil itu pula yang menemaninya hingga terpilih menjadi DKI 1.

Setelah menjabat sebagai Gubernur DKI, Jokowi lebih sering menggunakan Innova hitam bernopol B 1124 BH. Bahkan nyaris tak pernah sekali menggunakan Toyota Land Cruiser yang merupakan mobil dinas gubernur.

Baca juga: Dari Indonesia untuk Dunia, Begini Wajah Otomotif Indonesia Terkini!

Saat bertarung di Pilpres 2014, Jokowi terpantau rutin menggunakan Innova putih bernomor B 1567 PRA. Namun setelah akhirnya menang dan dilantik menjadi presiden, Jokowi tak pernah lagi terpantau menggunakan Innova.

Mobil Toyota Inova B 1124 BH milik Joko Widodo terparkir bersebelahan dengan mobil Mercedes Benz B 1178 RFT milik Jusuf Kalla.KOMPAS.com/FABIANUS JANUARIUS KUWADO Mobil Toyota Inova B 1124 BH milik Joko Widodo terparkir bersebelahan dengan mobil Mercedes Benz B 1178 RFT milik Jusuf Kalla.

Selama menjabat sebagai RI 1, Jokowi selalu menggunakan Mercedes Benz S600 Pullman Guard, tetapi tidak sedikit datang ke acara peresmian menggunakan Kijang Innova.

Kijang sendiri sangat identik dengan kendaraan yang memenuhi segala lapisan masyarakat. Mobil keluarga itu bisa dikatakan menjadi kendaraan sejuta umat sejak 1977 hingga sekarang.

Baca juga: Saat Jokowi Kembali ke Kijang Innova

Sementara itu, jenis Kijang yang sudah melegenda di Tanah Air antaranya Kijang Buaya, Kijang Doyok, Kijang Super, Kijang Kapsul, Kijang Krista, dan yang terbaru Kijang Innova.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X