Tips Bersihkan Mobil Usai Main di Pantai

Kompas.com - 12/08/2019, 18:24 WIB
Innova COmmunity lakukan bakti sosial di Sumatera Barat IC/AnkiInnova COmmunity lakukan bakti sosial di Sumatera Barat
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersenang-senang dengan keluarga maupun kerabat ke pantai memang menyenangkan. Namun sering kali kendaraan menjadi sukar dibersihkan karena pasir cepat masuk ke beberapa bagian kecil dan menempel di sana.

Alhasil, akan sering terdengar bunyi yang mengganggu dan lebih jauh bakal membuat kendaraan bermasalah.

Oleh sebab itu, Kepala Bengkel Auto2000 Raden Intan Nurrahman Adi Saputra menghimbau agar pemilik mobil jeli untuk membersihkan kendaraannya setelah melewati pantai. Pembersihannya pun jangan sembarangan karena bisa-bisa akan meninggalkan lecet halus sampai karat.

"Setelah dari daerah pantai atau laut, disarankan untuk segera mencuci kendaraan terutama pada bagian kolong dengan air bertekanan. Jangan lupa untuk diaplikasikan wax untuk melindungi cat mobil setelah kering," kata dia lewat keterangan resminya yang diterima Kompas.com, Jakarta, Senin (12/8/2019).

Baca juga: Komitmen Toyota Usai Jokowi Teken Perpres Kendaraan Listrik

Saat mengeringkan mobil, lanjut Nurrahman lagi, baiknya mobil dikendarai dengan kecepatan konstan sekitar 80 kpj agar pasir langsung turun, tidak menempel dengan bandel.

"Bagian yang perlu diperhatikan juga adalah rem. Semprot kaliper, piringan, dan kampas rem dengan brake cleaner untuk membersihkan sisa-sisa pasir pantai supaya tidak menyebabkan karat serta membuat rem macet," kata dia lagi.

HUT Innova Community ke-13KOMPAS.com/Ruly HUT Innova Community ke-13

Turing Innova Community di Lampung

Pada kesempatan sama, Komunitas Toyota Kijang Innova atau biasa dikenal dengan Innova Community (IC) merayakan hari jadinya yang ke-13 di Raden Intan Lampung, Sumatera. Kegiatan berupa turing dan penanaman bibit bakau sebanyak 1.300 bibit di pantai Mahitam.

Acara tersebut diikuti lebih dari 422 anggota beserta keluarga, serta rekan-rekan yang tergabung dari komunitas lain. Secara total, ada 222 unit Toyota Innova dalam agenda yang dihelat pada 2-4 Agustus 2019 itu.

Kegiatan diawali dengan sosialisasi peduli terumbu karang, dimana tim IC memberikan sosialisasi kepada wisatawan dan pemandu di sekitar pantai Sari Ringgung dan Tegal Mas, Lampung.

Komunitas InnovaKOMPAS.com/Ruly Komunitas Innova

Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman 1.300 bibit Bakau di Pantai Mahitam, Lampung, di dukung oleh beberapa pihak antara lain Marinir, Komunitas Manggrove, Ragapala Lampung, serta masyarakat sekitar.

Chapter yang terlibat kali ini antara lain Bndung, Banten Kulon, Bekasi, Bogor, Depok, Disukagadis, Anjak Lambar, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jambi, Lampung, Malaysia, Palembang, Riau, Semawis Plat K, Slatanerz, Sumbar, dan Tangerang.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan yang terlibat dan sudah mendukung IC sampai dengan usia 13 tahun. Semoga kita bisa menjadi influencer yang baik bagi semua," kata Ketua Umum Innova Community Nugraha Reza.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X