Kesalahan saat Memakai Kain Microfiber buat Bersihkan Mobil

Kompas.com - 27/07/2019, 09:16 WIB
Ilustrasi petugas lap mobil di IIMS 2016. Aditya Maulana, KompasOtomotifIlustrasi petugas lap mobil di IIMS 2016.
Penulis Stanly Ravel
|

TANGERANG, KOMPAS.com - Menjaga warna bodi mobil menjadi salah satu bentuk perawatan yang tak kalah penting untuk dikerjakan. Karena itu, pemilik kendaraan wajib tak asal-asalan ketika melakukannya, apalagi sampai sembarang memilih jenis kain yang akan digunakan membersihkan permukaan bodi.

Seperti diketahui, saat ini cukup banyak jenis kain perawatan mobil yang ditawarkan dengan beragam fungsi, namun jenis kain microfiber diklaim paling cocok untuk merawat permukaan bodi mobil.

Menurut Business Director PT Laris Chandra Stanley Tjhie, kain microfiber terbuat dari serat halus yang mampu menyerap air juga mengambil kotoran.

"Untuk saat ini paling aman memang kain microfiber, bahannya paling halus dan lembut jadi selain kelebihan tadi efeknya juga meminimalisir adanya goresan halus yang biasa terjadi dengan lap biasa," kata Stanley di ajang GIIAS 2019, Tangerang, Jumat (26/7/2019).

Baca juga: Promo Kaca Film Mobil di GIIAS 2019

Selain permukaan bodi, menurut Stanley kain microfiber juga cukup baik digunakan untuk merawat kabin atau sektor interior mobil lainnya, bahkan sampai kaca mobil. Hanya saja dalam praktiknya masih banyak yang salah kaprah.

Contohnya seperti menggunakan microfiber yang sama untuk membersikan interior, ekterior, sampai kaca. Harusnya, setiap sektor tidak boleh dicampur menggunakan satu kain microfiber, melainkan harus terpisah.

"Ini yang sering salah, jadi untuk bodi, interior, dan kaca itu harusnya terpisah. Satu-satu kain microfibernya, jangan satu kain untuk semua. Bila hanya satu, dikhawatirkan ketika habis digunakan untuk interior lalu di pakai lap kaca atau bodi ada debut yang tertinggal di lap bisa meyebabkan baret halus," ujar Stanley.

Produk microfiber untuk perawatan mobil di GIIAS 2019 Produk microfiber untuk perawatan mobil di GIIAS 2019

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Stanley menganjurkan pemilik mobil memilih paket kain microfiber yang memiliki fungsi masing-masing. Salah satu contohnya seperti enam produk Armor All keluaran Laris Chandra yang memiliki bahan microfiber untuk perawatan rutin mobil kesayangan.

Mulai dari Armor All Microfiber Wash Mitt untuk mengangkat debu dan partikel halus yang menempel di permukaan cat. Lalu Armor All Microfiber Wash Pad yang merupakan spon cuci terlapis kain mikrofiber untuk mengangkat dan mendorong debu serta partikel halus.

Setelah itu sarung tangan cuci dengan dua sisi mikrofiber atau Armor All 2 in 1 Noodle Wash Mitt, sisi mikrofiber soft noodles untuk pencucian biasa dan mikrofiber jaring untuk pencucian berat.

Baca juga: Honda Brio Satya Pakai Kaca Film OEM Merek Baru

Produk keempat adalah Armor All Microfiber Drying Towel sebagai kain mikrofiber serbaguna yang dapat digunakan untuk mengeringkan mobil setelah dicuci. Armor All Microfiber Polishing Cloth, kain poles mikrofiber untuk meminimalisir lecet dan goresan ringan pada saat memoles.

Terakhir, Armor All 3 Polish Applicator Pads yang merupakan aplikator dengan gagang terdiri dari tiga pad, kuning untuk meratakan, putih untuk membersihkan debu residu, dan oranye untuk mengilapkan. Sedangkan untuk harganya, masing-masing dipasarkan mulai dari Rp 45.000 sampai Rp 120.000.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X