Kompas.com - 25/07/2019, 08:45 WIB
|

TANGERANG, KOMPAS.com - Usai memberikan materi bertajuk 'Contribution of the Automotive Industry on National Income Growth' yang disampaikan di seminar GIIAS 2019, Menteri Keuangan Indonesia (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyempatkan diri untuk berkunjung dan melihat beberapa stan GIIAS 2019, salah satunya Toyota Astra Motor (TAM).

Sembari berbincang dengan Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Johannes Nangoi dan jajaran pengurus lainnya, langkah Sri Mulyani sempat terhenti. Dia nampak penasaran dengan salah satu mobil yang terparkir gagah di pameran otomotif tersebut yakni Toyota Prius Plug in Hybrid Electrified Vehicle (PHEV) seri Gazoo Racing (GR).

"Keren, ya. Kalau naik ini maunya nyetir sendiri," kata Sri Mulyani singkat di GIIAS 2019, Tangerang, Rabu (24/7/2019).

Masih penasran, Sri Mulyani pun memasuki mobil yang belum resmi dijual oleh pihak TAM tersebut. Satu-dua pertanyaan tentang mobil terucap, khususnya terkait teknologi PHEV.

"Bagus. Mungkin kalau saya sudah pensiun jadi menteri akan punya ini," ucap Sri Mulyani.

Toyota Prius PHEV GR SportFoto: en.wheelsage.org Toyota Prius PHEV GR Sport

Baca Juga : Impresi Singkat Jajal Toyota Prius PHEV di GIIAS 2019

Berada di dalam kabin Toyota Prius sebenarnya bukan pengalaman pertama Sri Mulyani. Sebelumnya, ia mengaku sudah menggunakan Toyota Prius selama hampir enam tahun ketika tinggal di Amerika Serikat (AS).

Hanya saja mobil tersebut sudah memiliki beberapa perbedaan khususnya di bagian interior dan eksterior. Tak heran Sri Mulyani sedikit pangling.

"Sewaktu saya berada di AS dulu, tinggal hampir 6 tahun, saya gunakan Toyota Prius tapi beteknologi Hybrid. Di sana, saya turut merasakan bahwa teknologi hybrid dan listrik berpengaruh besar khususnya dalam kehidupan sosial," ujarnya.

Sebagai informasi, Toyota Prius PHEV yang dibawa Toyota Indonesia ke GIIAS 2019 adalah model terbaru yang sudah mengusung platform TNGA (Toyota New Global Architecture) seperti C-HR dan Camry Hybrid. Sehingga, dari luar mobil tampak lebih agresif dan minimalis, serta modern, dibanding generasi sebelumnya.

Berdasarkan spesifikasi pabrikan, Prius PHEV mampu menjelajah dengan mode Electric Vehicle (EV) sepanjang 68,2 kilometer. Menariknya, untuk mengisi daya mobil sudah tersedia alat quick charger yang hanya membutuhkan charger AC 100 V (6A).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.