Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dunlop Pamerkan Ban Masa Depan di GIIAS 2019

Kompas.com - 24/07/2019, 17:32 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang GIIAS 2019 tidak hanya dimanfaatkan pabrikan otomotif untuk memperlihatkan produk terbaru. Merek pendukung seperti pabrikan ban pun berusahalah menunjukkan inovasi teknologi yang diciptakan.

Salah satunya Dunlop yang memiliki stan di pre function Hall 8. Merek yang dibawa oleh PT Sumi Rubber Indonesia (Surindo) ini memperlihatkan konsep ban masa depan bernama Gyroblade.

Smart tyre concept ini hadir sebagai ban yang tidak memerlukan udara untuk berfungsi selayaknya ban biasa. Terdapat tiga komponen penting pada ban masa depan ini.

"Bagian pertama adalah pelek yang menempel di as roda. Bagian kedua adalah bilah resin yang menggantikan fungsi udara di ban biasa. Ketiga adalah tapak ban yang berfungsi seperti tapak ban pada umumnya," ucap Advertising and Promotion Manager PT Surindo, Hartono saat ditemui Selasa (23/7/2019).

Baca juga: Ban Ramah Lingkungan Andalan Baru Dunlop

Hartono menjelaskan ban ini pertama kali muncul pada ajang Tokyo Auto Salon. Ban ini sudah di uji coba di Jepang dan terbukti cukup praktis saat digunakan.

Bilah bilah resin diperlihatkan cukup kuat menerima tekanan saat mobil berjalanan. Aplikasinya, ban ini dapat memangkas penggantian ban akibat rusak tertusuk benda tajam.

"Ini juga berkontribusi pada lingkungan karena mengurangi kebutuhan ban cadangan. Masa depan ban ini bisa digunakan untuk sedan dengan pemakaian 5 tahun di berbagai kondisi cuaca. Ban ini belum dapat dipesan," ucap Hartono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com