Mitsubishi Tetap Puas dengan Hasil Penjualan Xpander

Kompas.com - 04/07/2019, 13:15 WIB
Mitsubishi Xpander Limited Mitsubishi Xpander Limited

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), raihan angka wholesale Mitsubishi Xpander pada Mei 2019 tercatat 5.101 unit. Hasil ini berada di bawah Avanza yang berhasil membukukan angka 7.362 unit.

Kepala Penjualan dan Grup Pemasaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia ( MMKSI) Imam Choeru Cahya tidak menampik hal itu. Menurutnya saat ini ada banyak faktor capaian Xpander tidak sekuat tahun lalu namun hasil ini tetap memuaskan Mitsubishi yang merupakan pendatang baru di segmen LMPV tersebut.

“Banyak faktor penyebabnya, tapi dengan penjualan seperti ini market share kami masih cukup tinggi, sekitar 26,6 persen. Jadi untuk pendatang baru masih cukup tinggi,” ucap Imam saat ditemui Selasa (2/7/2019).

Imam menjelaskan, pihaknya terus mengupayakan beragam strategi meningkatkan penjualan Xpander. Terbaru, kehadiran program Pilih Xpander Pinter Bener yang mengenalkan biaya kepemilikan Xpander yang menguntungkan konsumen.

Soal pilihan mesin Avanza yang lebih banyak, Imam mengungkapkan hal tersebut tidak masalah. Menurutnya fokus Mitsubishi saat ini adalah mesin 1.500 cc yang terbukti baik secara penjualan.

Harga Xpander Mahal, Mitsubishi Berdalih Biaya Kepemilikan

“Kalau masuk di low MPV kan ada dua mesin, 1.5 L dan 1.3 L. Kita memang di satu segmen tapi meski satu saja market share Xpander di atas 40 persen. Tapi karena di data Gaikindo digabung jadi satu maka kami jadi 26,6 persen,” ucap Imam.

Guna meningkatkan penjualan, Mitsubishi mulai mencoba pasar fleet. Xpander memiliki dua varian terendah yang cocok ditawarkan di kelas ini yakni GLS dan GLX.

“Kami saat ini masih fokus ritel, tapi kami juga membaca peluang fleet karena cukup besar mendorong GLX dan GLS. Salah satu pertimbangan pasar fleet sebagai kendaraan operasional adalah biaya mulai dari initial cost karena kaitannya dengan rental fee,” ucap Imam.

Xpander saat ini dibanderol mulai Rp 210,3 juta sampai Rp 265,1 juta. MPV ini ditawarkan dalam lima varian yakni GLX, GLS, Exceed, Sport, dan Ultimate dengan pilihan transmisi manual dan otomatis.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X