Cara Tepat Penanganan Tangki Motor yang Bocor - Kompas.com

Cara Tepat Penanganan Tangki Motor yang Bocor

Kompas.com - 05/11/2018, 16:50 WIB
Tangki motor sport Tangki motor sport

JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah tangki motor sport bocor sepertinya bukan hal baru. Bukan hanya terjadi pada satu merek saja melainkan ke beberapa brand.

Menilik kasus seperti itu, ada indikasi kesalahan bukan sepenuhnya berasal dari pabrikan. Ada beberapa faktor yang membuat kerusakan tersebut terjadi.

Baca juga: Sepeda Motor Mendominasi Tilang Operasi Zebra 2018

“Biasanya karena jarang diperhatikan. Merawat tangki itu ada waktunya yakni per empat bulan sampai enam bulan,” ucap Hadi Sumarwan, dari bengkel tangki Wawan, Jalan Kebun Jeruk III, Jakarta Pusat saat ditemui beberapa waktu lalu.

Endapan

Pria yang telah 28 tahun mengurusi perbaikan tangki motor ini mengungkapkan, masalah muncul dari endapan kotoran di dalam tangki.

Tangki bensin motorStanly/Otomania Tangki bensin motor

Endapan tersebut biasanya akan menimbulkan kerak yang lama kelamaan akan mengikis bahan tangki.

Salah satu kebiasaan yang membuat tangki bermasalah adalah membiarkan tangki tidak pernah terisi penuh. Ini membuat uap air timbul yang akhirnya menyebabkan karat.

Oktan tinggi

“Penyebab lain adalah bahan bakar yang terlalu keras seperti penggunaan bensin dengan RON tinggi. Bahan tangki pada motor sekarang lebih tipis dibanding motor lama sehingga cepat keropos bila tidak merawat berkala,” ucap Hadi.

Baca juga: Sepeda Motor Mendominasi Tilang Operasi Zebra 2018

Penyebab lain adalah masuknya air dari tutup tangki. Terutama setelah digunakan di cuaca hujan deras, atau setelah habis dicuci dengan air bertekanan tinggi.

SPBU Pertamina 31.114.01 Jalan S. Parman, Slipi, Palmerah, Jakarta Barat RIMA WAHYUNINGRUM SPBU Pertamina 31.114.01 Jalan S. Parman, Slipi, Palmerah, Jakarta Barat

"Maka kalau yang sering ditempat pencucian motor, ingatkan petugasnya untuk tidak terlalu lama menyemprot bagian atas tangki. Seringnya masuk ke dalam airnya," ucap Wawan.

Solusi

Jadi penting bagi pengguna untuk merawat tempat penampungan bahan bakar di motor tersebut. Sebab harga tangki baru lumayan mahal.

Tangki Honda Mega Pro dibanderol Rp 1,8 juta-an, untuk model motor lain bisa lebih mahal.

Salah satu solusi adalah dengan memperbaiki ke bengkel tangki sepeda motor. Langkah ini dapat menghemat pengeluaran dibanding harus membeli tangki baru.

“Tangki motor saat ini memiliki bahan yang lebih tipis dibandingkan produk lama. Kemungkinan keropos dan bocor lebih cepat, kalau terbentur juga lebih gampang penyok,” kata Hadi.

Deretan tangki motor bergaya retro yang dipajang dan dijual di toko aksesori Mr Classic yang beralamat di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (26/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan tangki motor bergaya retro yang dipajang dan dijual di toko aksesori Mr Classic yang beralamat di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (26/2/2018).

Perbaikan bergantung dari tingkat kerusakan yang terjadi pada tangki. Apabila terkena bagian tulang maka perbaikan cukup sulit dilakukan.

“Tangki baru harus diperbaiki dari bagian atas. Ini karena berbeda dengan desain tangki lama yang bisa dibuka bagian atasnya, tangki baru tertutup,” ucap Wawan yang telah membuka bengkel tangki selama 28 tahun.

Biaya yang perlu dipersiapkan untuk perbaikan tangki berkisar Rp 100.000 untuk perbaikan kecil hingga Rp 250.000 untuk kerusakan parah.

Harga juga bergantung pada desain tangki, untuk motor baru seperti Vixion dan CB150R dikenakan biaya di atas Rp 200.000.



Close Ads X