Cara Tepat Penanganan Tangki Motor yang Bocor

Kompas.com - 05/11/2018, 16:50 WIB
Tangki motor sport Tangki motor sport

JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah tangki motor sport bocor sepertinya bukan hal baru. Bukan hanya terjadi pada satu merek saja melainkan ke beberapa brand.

Menilik kasus seperti itu, ada indikasi kesalahan bukan sepenuhnya berasal dari pabrikan. Ada beberapa faktor yang membuat kerusakan tersebut terjadi.

Baca juga: Sepeda Motor Mendominasi Tilang Operasi Zebra 2018

“Biasanya karena jarang diperhatikan. Merawat tangki itu ada waktunya yakni per empat bulan sampai enam bulan,” ucap Hadi Sumarwan, dari bengkel tangki Wawan, Jalan Kebun Jeruk III, Jakarta Pusat saat ditemui beberapa waktu lalu.

Endapan

Pria yang telah 28 tahun mengurusi perbaikan tangki motor ini mengungkapkan, masalah muncul dari endapan kotoran di dalam tangki.

Tangki bensin motorStanly/Otomania Tangki bensin motor

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Endapan tersebut biasanya akan menimbulkan kerak yang lama kelamaan akan mengikis bahan tangki.

Salah satu kebiasaan yang membuat tangki bermasalah adalah membiarkan tangki tidak pernah terisi penuh. Ini membuat uap air timbul yang akhirnya menyebabkan karat.

Oktan tinggi

“Penyebab lain adalah bahan bakar yang terlalu keras seperti penggunaan bensin dengan RON tinggi. Bahan tangki pada motor sekarang lebih tipis dibanding motor lama sehingga cepat keropos bila tidak merawat berkala,” ucap Hadi.

Baca juga: Sepeda Motor Mendominasi Tilang Operasi Zebra 2018

Penyebab lain adalah masuknya air dari tutup tangki. Terutama setelah digunakan di cuaca hujan deras, atau setelah habis dicuci dengan air bertekanan tinggi.

SPBU Pertamina 31.114.01 Jalan S. Parman, Slipi, Palmerah, Jakarta Barat RIMA WAHYUNINGRUM SPBU Pertamina 31.114.01 Jalan S. Parman, Slipi, Palmerah, Jakarta Barat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.