Cara Benar Menoleh saat Mengendarai Motor

Kompas.com - 10/06/2019, 14:03 WIB
Duta Safety Riding melakukan praktik safety riding pada zona praktik di SMK Mitra Industri MM2100. ISTIMEWADuta Safety Riding melakukan praktik safety riding pada zona praktik di SMK Mitra Industri MM2100.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaca spion pada sepeda motor memiliki fungsi yang cukup penting, tetapi punya keterbatasan pandangan untuk ke arah belakang. Oleh sebab itu, selain melihat kaca itu, pengendara sebaiknya juga menoleh sedikit ke arah belakang agar pandangan menjadi lebih luas.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, main dealer motor Honda Jakarta-Tangerang menjelaskan, dengan menoleh ke belakang maka pengendara sebetulnya sedang melakukan cek keselamatan di jalan raya.

Baca juga: Cara Memaksimalkan Fungsi Kaca Spion

"Kaca spion yang ada di motor memiliki keterbatasan pandangan bagi pengendara, ada sudut pandang yang tidak terlihat yaitu area blindspot. Oleh karena itu, hal yang harus diperhatikan yaitu melakukan safety check dengan menengok ke belakang ketika ingin bergerak maju atau berbelok, agar 1/3 pandangan yang tidak terlihat mata bisa terlihat dengan baik," kata Agus kepada Kompas.com, Senin (10/6/2019).

Agus menambahkan, kecelakaan kerap terjadi karena pengendara motor tidak menoleh dan hanya mengandalkan spion serta lampu sein saat akan pindah jalur atau berbelok. Padahal spion kurang mampu menangkap citra jika ada kendaraan sedang melaju cepat dari belakang.

"Karena sering juga kecelakaan justru terjadi akibat kita terlalu percaya pada kaca spion dan lampu sein, sehingga kendaraan yang berada di titik-titik tertentu tidak terpantau," ucap Agus.

Baca juga: Sudah Tahu Fungsi Tuas ini di Kaca Spion?

Meski demikian, menoleh ke belakang pun ada tata caranya dari kacamata safety riding. Agus mengatakan, jangan menoleh terlalu lama dan kemudian perhatikan waktu yang tepat, agar motor tidak menabrak objek di depannya.

"Namun dalam menoleh langsung waktunya jangan terlalu lama - usahakan sekejap saja - hanya memastikan tidak ada kendaraan di area blindspot kita. Hal ini juga berlaku bagi kendaraan roda empat atau lebih," kata Agus.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X