Pakai Taksi Listrik, Tidak Perlu Takut Mogok di Jalan

Kompas.com - 23/04/2019, 16:18 WIB
Armada taksi Bluebird bertenaga listrik BYD e6 dan Tesla model X 75D Kompas.com/Setyo AdiArmada taksi Bluebird bertenaga listrik BYD e6 dan Tesla model X 75D

JAKARTA, KOMPAS.com - Langkah Bluebird menghadirkan armada mobil listrik dibarengi dengan berbagai pertanyaan mengenai realibilitas penggunaan mobil-mobil tersebut. Banyak yang menanyakan bagaimana bila mobil tersebut kehabisan tenaga listrik di jalan mengingat stasiun pengisian listrik (SPL) tidak banyak jumlahnya.

Direktur PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono tidak menampik pemikiran tersebut banyak menghantui keputusan pengadaan armada mobil listrik ini. Namun ia meyakinkan pada calon konsumen untuk tidak perlu khawatir sebab mobil listrik tersebut sudah diuji lapangan.

“Dari riset pengembangan yang kami lakukan, belum ada data yang ditemukan bahwa (kehabisan daya baterai) menjadi masalah. Dalam kendaraan listrik itu ada kapasitas listrik berapa persen untuk berapa kilometer. Ini cukup untuk memperkirakan mobil harus kembali melakukan pengisian daya di pool,” ucap Adri saat ditemui Senin (22/4/2019).

Di lapangan, berdasarkan penuturan pengemudi taksi yang membawa mobil-mobil ini, kapasitas baterai sebesar 25 persen harus segera dibawa kembali ke pool untuk diisi daya. Para pengemudi taksi listrik ini akan mulai beroperasi sejak pukul 3 pagi dengan waktu kerja 15 jam.

Ini Spesifikasi Mobil Listrik BYD dan Tesla Bluebird

Adri juga menambahkan, konsumen tidak perlu mengkhawatirkan kondisi mogok atau masalah terkait mobil listrik. Layanan mekanik akan segera didatangkan untuk mengatasi masalah teknis di lapangan.

Bluebird bekerja sama dengan pemegang merek untuk melakukan pelatihan terkait teknologi yang ada dalam mobil listrik tersebut. Selain itu Bluebird juga berencana untuk terus menghadirkan stasiun pengisian listrik di beberapa tempat yang dinilai strategis untuk pengisian daya armada mobil listriknya.

“Kita sudah siapkan mekanik untuk perawatan di depo dan training khusus untuk mekanik-mekanik lainnya. Kami pastikan armada mobil listrik ini memenuhi aspek penilaian keselamatan sebelum digunakan. Dan mekanik kita siap untuk perawatan mobil-mobil listrik ini,” ucap Adri.

Bluebird membawa 25 unit BYD e6 dan lima unit Tesla Model X 75 D untuk armada mobil listrik pertamanya yang masing-masing memiliki kemampuan menempuh jarak 350 sampai 400 kilometer sekali pengisian penuh. Bluebird mengeluarkan dana Rp 40 miliar terkait pengadaan mobil listrik ini beserta SPL untuk pengisian daya baterainya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X