Rossi Minta Yamaha Juga Pakai Perangkat Aero Mirip Ducati

Kompas.com - 14/04/2019, 10:02 WIB
Rossi meminta Yamaha pakai perangkat aero seperti Ducati.motogp.com Rossi meminta Yamaha pakai perangkat aero seperti Ducati.

TEXAS, KOMPAS.com - Pada hari pertama seri ketiga MotoGP 2019 di sirkuit Austin, Texas, tim Repsol Honda terlihat menggunakan perangkat aero di swingarm, seperti yang digunakan Ducati.

Sebelumnya, perangkat ini menimbulkan polemik karena dianggap menyalahi regulasi. Ducati mengatakan bahwa perangkat tersebut untuk menurunkan temperatur ban belakang. Tapi ternyata bisa meningkatkan aerodinamika.

Baca juga: Perangkat Aero Diprotes, Ducati Janjikan Banyak Inovasi Tahun ini

Setelah diprotes oleh beberapa pabrikan, termasuk Honda sendiri, pihak penyelenggara MotoGP dan juga FIM memutuskan bahwa perangkat tersebut tidak melanggar peraturan.

Marc Marquez yang sudah mencoba perangkat ini mengkonfirmasi bahwa efek downforce memang terasa meningkat, khususnya saat di titik pengereman.

Melihat hal ini, Valentino Rossi juga meminta kepada Yamaha untuk menciptakan perangkat yang serupa untuk YZR-M1.

Baca juga: Komentar Marquez, Vinales dan Rossi soal Perangkat Aero Ducati

"Bagi saya, ini sesuatu yang bisa jadi cukup penting untuk kami, karena dapat menolong menurunkan temperatur ban belakang. Ini bagus, khususnya saat balapan," ujar Rossi.

Rossi tidak yakin perangkat ini memberikan perbedaan yang signifikan. Namun, ia tetap berharap ada sedikit hal positif yang didapat.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X