AMMDes Berharap Bisa Tembus Pasar Ekspor

Kompas.com - 13/04/2019, 09:02 WIB
AMMDes Indonesia Modification Expo 2018 -AMMDes Indonesia Modification Expo 2018
Penulis Stanly Ravel
|

CISARUA, KOMPAS.com - Setelah resmi mulai diproduksi, Alat Mekanis Multiguna Pedesaan ( AMMDes) rupanya tidak hanya akan dipasarkan untuk kebutuhan domestik, namun juga ekspor. Artinya, "mobil pak tani" garapan anak bangsa ini siap untuk memasuki pasar global.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian ( Kemenperin) Putu Juli Ardika, menjelaskan, sudah ada ketertarikan dari beberapa negara terhadap AMMDes.

"Memang ada beberapa yang sudah menyatakan niatnya, yang sudah minta itu seperti Timor Leste. Tunggu tanggal mainnya saja, akan diumumkan," ujar Putu di Cisarua, Jawa Barat, Jumat (12/4/2019).

Baca juga: Kemenperin Bakal Siapkan AMMDes Versi Listrik

Putu mengatakan masih ada negara lain yang juga berminat terhadap AMMDes, namun nanti akan diumumkan secara resmi oleh Menteri Perindustrian sendiri. Pengembangan AMMDes dianggap menjadi sebuah inovasi yang luar biasa.

Bahkan Putu mengatakan belum ada negara lain yang memproduksi kendaraan seperti AMMDes. Karena kamampuan off-road serta mudah diapilasikan dengan berbagai instalasi sesuai kebutuhan, kendaraan asal Klaten, Jawa Tengah, yang kini diproduksi PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI), di Citeurup ini pun dianggap memiliki daya tarik bagi negara lain.

AMMDes Jamilah AMMDes Jamilah
Dalam AMMDes Summit II yang akan dihelat pekan depan, dikabarkan juga ada beberapa stakeholder termasuk negara yang tertarik dengan AMMDes akan melakukan penandatanganan kerja sama. Hal ini disampaikan oleh Presiden Direktur KMWI Reiza Treistanto.

"Akan ada sejumlah penandatangana MoU nanti di sana, termasuk negara-negara yang menginginkan AMMDes. Kita juga akan bawa beberapa model dengan varian-varian instalasi, untuk kabarnya nanti biar disampaikan langsung di sana seperti apa," ucap Reiza.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X