Kemenperin Bakal Siapkan AMMDes Versi Listrik

Kompas.com - 12/04/2019, 17:42 WIB
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat mencoba Alat Mekanis Multiguna Perdesaan ( AMMDes) di acara Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (02/08/2018). Pada pameran otomotif GIIAS kali ini mengusung tema Beyond Mobility yaitu mobil-mobil teknologi masa depan yang diklaim ramah lingkungan, Acara ini akan berlangsung hingga 12 Agustus 2018. ANDREAS LUKAS ALTOBELIPresiden Republik Indonesia Joko Widodo saat mencoba Alat Mekanis Multiguna Perdesaan ( AMMDes) di acara Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (02/08/2018). Pada pameran otomotif GIIAS kali ini mengusung tema Beyond Mobility yaitu mobil-mobil teknologi masa depan yang diklaim ramah lingkungan, Acara ini akan berlangsung hingga 12 Agustus 2018.
Penulis Stanly Ravel
|

CISARUA, KOMPAS.com - Alat Mekanis Multiguna Pedesaan ( AMMDes) sudah mulai masuk tahapan produksi pada Maret 2019 lalu. Menariknya, selain akan menggunakan mesin diesel konvensional, rupanya Kementerian Perindustrain (Kemenperin) juga berencana untuk membuat AMMDes veri listrik.

Rencana menciptakan AMMDes menjadi kendaraan listrik ini disampaikan langsung oleh Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Kemenperin Putu Juli Ardika.

"Nanti kita akan bikin AMMDes versi listrik, jadi mesin itu nanti akan diganti menggunakan tenaga dari baterai dan motor listrik," kata Putu dalam acara Workshop and Family Gathering Forum Wartawan Industri (Forwin) di Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4/2019).

Baca juga: Astra Pangkas Produksi AMMDes

Putu menjelaskan secara teknsi, AMMDes cukup memungkinkan untuk dibuat ke arah elektrifikasi. Dengan begitu nantinya selain daya tenaga yang sudah menggunakan listrik, Power Take Off (PTO) yang digunakan untuk menggerakan beragam alat juga otomatis menggunakan listrik.

Kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) siap meluncur di GIIAS 2018.STANLY RAVEL Kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) siap meluncur di GIIAS 2018.

Soal masalah AMMDes listrik ini nanti akan dibuatkan sebuah Focus Group Discussion (FGD) dalam ajang AMMDes Summit II pekan depan. Menurut Putu, pihaknya akan menggundang beberapa pembicara untuk membahas rencana strategis AMMDes menjadi kendaraan listrik.

Menanggapi hal ini, Presiden Direktur PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) Reiza Treistanto, menjelaskan bila AMMDes listrik baru berupa pembahasan yang sedang digulirkan untuk rencana ke depan. Sampai saat ini pihaknya sendiri masih berkonsentrasi pada produksi yang baru saja dimulai.

"Konsentrasi kami sekarang pada unit yang sedang kami produksi dulu, karenakan baru bulan kemarin (Maret) kita mulai produksinya. Untuk listrik memang ada pembahasan, nanti juga akan didiskusikan lagi," ujar Reiza.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X