Honda Mulai Ekspor Brio Buatan Karawang

Kompas.com - 26/03/2019, 13:42 WIB
Ekspor perdana All New Honda Brio Ekspor perdana All New Honda Brio
Penulis Stanly Ravel
|

KARAWANG, KOMPAS.com - Merayakan ulang tahun ke-20 tahun, PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi melakukan ekspor completely built up (CBU) All New Honda Brio generasi kedua. Mobil buatan Karawang, Jawa Barat, ini siap dipasarkan di dua negara, yakni Vietnam dan Filipina.

Meski tak memiliki perbedaan secara spesifikasi mesin, namun untuk All New Brio yang akan dipasarkan di Filipina dan Vietnam dibuat khusus menggunakan setir kiri.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto, mengatakan total ekspor All New Brio yang dilakukan HPM saat ini kurang lebih mencapai Rp 1 triliun.

Baca juga: Akhir Bulan Ini Honda Mulai Ekspor Brio

"Hari ini kita akan menyaksikan line off untuk unit ekspor perdana All New Brio dimana pada 2019 direncanakan dilakukan ekspor ke Filipina dan Vietnam. Adapun nilai ekspor tersebut mencapai kurang lebih Rp 1 triliun dan nilai TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) Brio mencapai 89 persen," ujar Airlangga, dalam seremoni di Karawang, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019).

Menurut Airlangga, keberhasilan ekspor yang dilakukan HPM tak lepas dari rangkaian komitmen investasi yang dilakukan selama ini. Sampai dengan 2019, investasi HPM sendiri telah mencapai lebih dari Rp 4 triliun, sementara untuk nilai ekspor akan terus ditingkatkan performanya untuk mencapai target sebesar Rp 25,5 triliun pada 2021.

Ekspor perdana All New Honda Brio Ekspor perdana All New Honda Brio
Chief Operating Officer of Regional Operation (Asia&Oceania) Honda Motor Co., Ltd. sekaligus President and CEO Asia Honda Motor Ltd., Masayuki Igarashi, mengatakan bila Indonesia merupakan pasar yang penting untuk bisnis Honda.

"Indonesia telah menjadi kontributor utama dalam penjualan Honda di wilayah Asia dan Oceania. Untuk mewujudkan komitmen kami terhadap pasar Indonesia, kami telah meningkatkan investasi melalui pembangunan berbagai fasilitas serta memproduksi model yang dikembangkan khusus untuk konsumen di Tanah Air," ucap Igarashi.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X