Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi Kasih "Lampu Hijau" Indonesia Gelar MotoGP di 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bila Indonesia resmi akan menggelar ajang balap internasional MotoGP pada 2021. Komentar ini diutarakan Jokowi dalam akun Instagram resminya usai menerima kunjungan dari bos besar Dorna, Camelo Ezpeleta, di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (11/3/2019).

"Tapi pertandingan MotoGP, ajang balap motor bergengsi ini, benar-benar akan dilangsungkan di Indonesia dua tahun mendatang (2021). Saya sudah bertemu dengan Carmelo Ezpeleta, bos Dorna, organisasi penyelenggara balap MotoGP yang datang ke Istana Bogor untuk memastikan bahwa kita siap, baik dalam organisasi maupun infrastrukturnya," tulis Jokowi dalam Intagramnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Dorna sudah melakukan penandatanganan kerja sama penyelenggaraan MotoGP dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Dalam kontrak tersebut tertulis bila penyelenggaraan MotoGP Indonesia akan berlangsung selama tiga tahun, yakni dari 2021-2023, bahkan besar kemungkinan bisa lebih.

MotoGP Indonesia sendiri akan dihelat di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan panjang lintasan 4,32 km yang terdiri dari 18 tikungan. Dari segi desain layout sirkuit sudah mendapat lampu hijau dari FIM Grand Prix Safety Officer, dan saat ini dalam proses pembangunan.

"Indonesia sudah berpengalaman menggelar ajang olahraga internasional seperti Asian Games dan Asian Para Games beberapa waktu lalu yang sukses. MotoGP Indonesia 2021 akan menggunakan konsep berupa sirkuit jalanan di kawasan wisata Mandalika yang indah. Sirkuit ini segara kita siapkan berupa jalan raya yang dibanggun dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata the Mandalika," ucap Jokowi.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/03/12/154505315/jokowi-kasih-lampu-hijau-indonesia-gelar-motogp-di-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke