Ertiga Tipe Termewah, Respon Suzuki di Kelas "Mobil Sejuta Umat"

Kompas.com - 06/03/2019, 14:34 WIB
Suzuki Ertiga Sport di GIIAS 2018 STANLY RAVELSuzuki Ertiga Sport di GIIAS 2018
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan pasar di segmen low multi purpose vehicle ( LMPV) semakin ketat, apalagi sejak awal 2019 hampir semua produsen yang bermain di kelas itu menghadirkan model baru. Termasuk Nissan meluncurkan Livina atau kembaran dari Mitsubishi Xpander.

Ketatnya persaingan di tahun ini dimulai sejak Toyota dan Daihatsu meluncurkan Avanza-Xenia facelift di pekan kedua Januari 2019, dilanjutkan dengan muncul Livina, Mobilio, hingga Suzuki yang menambah fitur pada dua varian.

Belum lagi dalam waktu dekat ini merek yang punya logo "S" itu kembali meluncurkan varian terbaru atau tipe termahal pada Ertiga.

Menurut Makmur, 4W Sales Director Suzuki Indomobil Sales (SIS) varian Ertiga yang ada sekarang ini belum lengkap.

Baca juga: Suzuki Lagi Siapkan Ertiga Diesel Terbaru

"Jadi ini bukan sikap reaktif kami terhadap persaingan pasar. Hanya saja banyak yang minta untuk menambah fitur dan kita akan hadirkan varian baru lagi," ujar Makmur belum lama ini di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Makmur menjelaskan, Suzuki sendiri secara tradisi setiap tahun selalu menambah varian atau melakukan penyegaran pada produk yang dijual di Indonesia. Lantas, kenapa Ertiga sekarang lebih cepat, belum satu tahun sudah hadir lagi varian baru?

"Kompetisi prosuk itu semakin cepat, dulu lebih dari satu tahun, sekarang setiap tahun sudah ada lagi. Kami pun menyesuaikan dengan kondisi pasar dan permintaan dari konsumen," kata Makmur.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X