Penasaran Interior New Avanza? Ini Jawabannya

Kompas.com - 04/03/2019, 14:50 WIB
Toyota Avanza Veloz FaceliftKOMPAS.com / Aditya Maulana Toyota Avanza Veloz Facelift

 

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) menjawab tantangan baru di segmen low MPV, dengan memberikan pembaruan buat Avanza dan Veloz. Perubahan dengan kategori minor change ini diharapkan bisa memberikan sesuatu yang baru kepada konsumen.

Segmen low MPV dijejali banyak pemain, Avanza yang pernah menjadi pemimpin pasar, harus terusik dengan kehadiran pemain baru seperti Mitsubishi Xpander dan kembarannya, Nissan Livina. Belum lagi pemain yang sudah eksis seperti Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio, serta pendatang baru asal China, Wuling Confero dan Cortez.

Atas dasar itu Toyota bergerak cepat dengan menelurkan New Avanza dan Veloz, meski secara garis besar perubahan yang diusung juga tidak terlalu banyak, namun perubahan itu diberikan buat menambah kenyamanan konsumen.

"Perubahan ada di sektor eksterior, interior, suspensi dan kekedapan kabin. Kami memberikan itu buat menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang," jelas Didi Ahadi, Technical Service PT TAM, saat media test drive New Avanza dan Veloz, pekan lalu di Magelang, Jawa Tengah.

Baca juga: Ada Perubahan yang Tidak Terlihat Mata dari New Avanza

Toyota Avanza Veloz FaceliftKOMPAS.com / Aditya Maulana Toyota Avanza Veloz Facelift

Kompas.com mencoba mengulas perubahan pada sektor interior New Avanza. Pada sesi pertama penguji mendapatkan tipe G 1.5 L. Didi menjelasakan, Toyota menambah beberapa peredam baru untuk menambah kesenyapan kabin, dan diklaim lebih senyap dibanding model sebelumnya.

"Ada penambahan peredam di firewall mesin serta lantai kabin. Efeknya kabin lebih senyap, raungan mesin dan deru roda tidak terlalu masuk ke dalam kabin," jelas Didi lagi.

Hasilnya, pada kecepatan rendah sampai menengah, suara mesin dan roda tidak terlalu menyelinap masuk. Sampai pada putaran mesin di atas 4.000 RPM baru raungan mesin terdengar jelas.

Kekedapan kabin ini berefek langsung pada sentuhan baru yang diberikan pada sistem audio. Buat tipe G dan Veloz, dijejali enam speaker terbagi buat bagian depan sampai belakang. Alunan musik tidak telalu terganggu oleh suara mesin atau deru roda.

Interior Toyota Avanza Veloz 1.5L 2019 Interior Toyota Avanza Veloz 1.5L 2019

Toyota juga memberikan ubahan pada head unit, model 2DIN layar sentuh. Head unit ini bisa terkoneksi dengan ponsel pintar berbasis android melalui aplikasi T-Link (Toyota Link). Ada juga saluran via radio, bluetooth, CD, AUX, USB dan iPod.

Baca juga: Pemesan New Avanza Tembus 15.000 Unit

Konsol boks antara pengemudi dan penumpang depan, bisa berguna buat penumpang di baris kedua dengan botol holder yang sudah dilengkapi lampu. Ada juga saluran listrik untuk mengisi ulang baterai ponsel di baris pertama dan kedua, serta USB port di baris ketiga.

Ruang kaki dan kepala tidak mengalami perubahan baik di baris kedua dan ketiga. Jok masih menggunakan bahan kain fabric, tingkat ketebalan jok juga tidak mendapat perubahan. AC sudah model digital yang bisa diatur secara otomatis. Sementara AC di baris kedua memakai model lama dengan pengaturan blower yang masih manual.

Sementara itulah ubahan yang bisa dirasakan pada kabin New Avanza. Setidaknya itu yang mampu diberikan Toyota Astra Motor (TAM) buat memberikan tambahan kenyamanan buat konsumen.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X