Cerita Honda soal Karakter Konsumen LMPV dan Mobilio

Kompas.com - 28/02/2019, 15:42 WIB
Honda Mobilio 2019 Honda Mobilio 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski Mobilio hanya mengalamai sedikit ubahan, namun Honda tetap santai menghadapi kompetisi di MPV sejuta umat yang kini makin ketat. Salah satu alasannya karena tipikal konsumen yang tak lagi mempertimbangkan gaya, tapi faktor fungsi dan rasionalitas.

Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy, menjelaskan, bila pada segmen low multi purpose vehicle ( LMPV) berdasarkan riset ada tiga kategori konsumen, yakni basic function, smart user, dan trend seeker.

Untuk konsumen trend seeker merupakan konsumen yang selalu membeli mobil secara emosional. Biasanya tipe konsumen ini selalu mencari model baru, baik dari fitur atau desain.

Baca juga: Honda Pastikan Brio Buatan Karawang Ekspor Tahun Ini

Konsumen basic function, merupakan orang yang mencari mobil lebih untuk mempertimbangkan fungsinya sebagai transportasi. Sementara smart user merupakan tipe konsumen yang kritis, suka membandingkan produk dan fitur dengan tetap memperhatikan aspek kenyamanan, biaya penggunaan, serta harga jual kembali.

"Itu semua tipe konsumen di seluruh LMPV berdasarkan studi, termasuk Mobilio. Tapi sekarang konsumen Mobilio lebih banyak ke basic function dan smart user," ucap Jonfis kepada wartawan dalam sesi test drive Mobilio di Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Honda Mobilio 2019 Honda Mobilio 2019
Jonfis menjelaskan, pada saat Mobilio pertama keluar, mayoritas konsumennya lebih didominasi trend seeker. Namun karena usia Mobilio yang sudah empat tahun, maka terjadi pergeseran. Masa menjadi tren seeker nantinya juga akan dialami kembali ketika sudah ada model yang benar-benar baru.

Tipe konsumen Mobilio rata-rata saat ini lebih yang mementingkan harga jual dari kendaraan, kenyamanan, selain dari fitur yang berlimpah. Selain itu, konsumen Mobilio juga sudah mengarah pada hal fungsi dari kendaraan yang bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

"Konsumen trend seeker sudah pernah kita alami, tapi sekarang sudah bukan leader lagi karena sudah empat tahun dan banyak pemain baru. Tipe konsumen ini dialami semua pemain LMPV baru juga, nanti juga akan turun karena konsumennya selalu mencari yang baru," ucap Jonfis.



Close Ads X