Takut Kemahalan, Livina 2019 Sunat Fitur Cruise Control

Kompas.com - 20/02/2019, 10:45 WIB
Pengatur fitur cruise control ada di sebelah kanan kemudi. Febri ArdaniPengatur fitur cruise control ada di sebelah kanan kemudi.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perbedaan fitur yang tersemat pada Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander, yaitu mengenai penggunaan Cruise Control. Teknologi tersebut berfungsi mengatur kecepatan mobil dengan stabil tanpa harus menginjak pedal gas.

Cara mengaktifkan fitur tersebut, biasanya kecepatan mobil minimal 60 kpj, setelah itu tekan tombol pengaturan yang ada di setir kemudi. Kecepatan menjadi normal lagi apabila pengemudi menginjak pedal rem.

Fitur tersebut sudah tersemat di Xpander varian tertinggi, yaitu Ultimate, sedangkan Livina tipe tertinggi belum mengadopsi teknologi tersebut. Padahal secara harga, lebih mahal Livina VL AT Rp 1 juta dari Xpander Ultimate.

Trainer Nissan Academy PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Sugihendi menjelaskan, secara fungsi hanya sekitar 30 persen pemilik mobil yang menggunakan fitur tersebut. Faktor utama, karena jalan di Indonesia cukup padat, sehingga hanya berfungsi di jalan tol tertentu saja.

Baca juga: Alasan Klasik Nissan soal Pilihan Transmisi Livina

"Kita tidak memasang fitur itu saja, kita lebih melihat fitur sekiranya sesuai dengan konsumen di Indonesia," ujar Sugihendi di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (19/2/2019).

Interior All New Nissan LivinaKOMPAS.com / Aditya Maulana Interior All New Nissan Livina

Lagi pula, penambahan fitur seperti itu jelas akan mempengaruhi harga jual. Banderol Livina bisa menjadi lebih mahal, tetapi fitur yang tersedia pada Livina sekarang, kata dia sudah cukup mewakili permintaan konsumen.

"Kalau di Nissan model yang menggunakan fitur itu untuk segmen menengah ke atas, mulai dari Serena dan yang lainnya," ucap Sigihendi lagi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X