Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Takut Kemahalan, Livina 2019 Sunat Fitur Cruise Control

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perbedaan fitur yang tersemat pada Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander, yaitu mengenai penggunaan Cruise Control. Teknologi tersebut berfungsi mengatur kecepatan mobil dengan stabil tanpa harus menginjak pedal gas.

Cara mengaktifkan fitur tersebut, biasanya kecepatan mobil minimal 60 kpj, setelah itu tekan tombol pengaturan yang ada di setir kemudi. Kecepatan menjadi normal lagi apabila pengemudi menginjak pedal rem.

Fitur tersebut sudah tersemat di Xpander varian tertinggi, yaitu Ultimate, sedangkan Livina tipe tertinggi belum mengadopsi teknologi tersebut. Padahal secara harga, lebih mahal Livina VL AT Rp 1 juta dari Xpander Ultimate.

Trainer Nissan Academy PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Sugihendi menjelaskan, secara fungsi hanya sekitar 30 persen pemilik mobil yang menggunakan fitur tersebut. Faktor utama, karena jalan di Indonesia cukup padat, sehingga hanya berfungsi di jalan tol tertentu saja.

"Kita tidak memasang fitur itu saja, kita lebih melihat fitur sekiranya sesuai dengan konsumen di Indonesia," ujar Sugihendi di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (19/2/2019).

Lagi pula, penambahan fitur seperti itu jelas akan mempengaruhi harga jual. Banderol Livina bisa menjadi lebih mahal, tetapi fitur yang tersedia pada Livina sekarang, kata dia sudah cukup mewakili permintaan konsumen.

"Kalau di Nissan model yang menggunakan fitur itu untuk segmen menengah ke atas, mulai dari Serena dan yang lainnya," ucap Sigihendi lagi.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/02/20/104542115/takut-kemahalan-livina-2019-sunat-fitur-cruise-control

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke